Toastmasters International – Utrecht

Ellyprachtig.blog – Akhir tahun 2012 aku mengikuti program Speaking Skils and Leadership skills di Toastmasters International di kota Utrecht, Belanda. Tujuan mengikuti ini, ingin memperkecil sekaligus memusnahkan kekuranganku dalam hal berkomunikasi.

Toastmasters International memiliki banyak distrik-distrik dan di banyak negara. Karena aku tinggal di kota Utrecht, maka aku memutuskan untuk mengambil yang di kota Utrecht. Toastmasters Club ini memiliki 3 bagian yaitu District, Division, serta Area. Nah, Toastmasters Club tempat aku mendaftar berada di District 59, Division C, Area 3 Utrecht.

Bahasa yang dipergunakan di dalam Toastmasters Club adalah Bahasa Inggris. Namun, ada di beberapa area di Belanda yang menggunakan Bahasa Belanda. Dan aku mengikuti yang menggunakan Bahasa Inggris, sekalian melatih Bahasa Inggriku yang sudah lama punah.

Di Indonesia juga sudah ada Toastmasters Club, jika kamu berminat, mungkin bisa meminta bantuan informasi di situs resminya di Toastmasters International.

Sekilas tentang kegiatan Toastmasters Club. Selain aku banyak teman berkelas Internasional, kecakapanku dalam memberikan presentasi di depan banyak orang ataupun di depan grup juga meningkat. Presentasi apa sajakah yang harus di berikan? Apa saja, pilih topik yang sesuai dengan kebutuhann kamu. Untuk bisa mengikuti kelas ini, aku dikeknakan biaya €90 untuk 6 bulan. Dan harga ini sudah termasuk 2 buku, yaitu buku praktek dan buku teori.

Di bawah ini beberap video sewaktu aku memberikan presentasi. Tentu saja aku nervous, grogi, panas dingin sewaktu aku memberikan presentasi. Tapi seperti yang aku sebutkan diatas, bahwa

tujuanku datang ke Toastmasters Club untuk memperkecil sekaligus memusnahkan kekuranganku dalam hal berkomunikasi, terutama di depan umum.

Jadi wajar kalau aku nervous, atau grogi. Intinya, semua peserta adalah murid. Murid-murid yang ingin belajar, bagaimana “to be strong” sewaktu memberikan presentasi de depan umum.

Video dibawah ini, berjudul “Writing Addiction”, menceritakan pertama kali aku membuka akun Blog, karena gemarnya aku menulis.

 

Sedangkan video dibawah ini, berjudul “Financial Independence Woman”. Ini terjadi disaat aku lumpuh tak berdaya setelah hancurnya pernikahanku. Lumpuh, bukan fisik, tapi pikiran, rohan dan jasmani.

 

Elly Prachtig

Ellyprachtig.blog

Sumber: Foto pribadi

 

Iklan