Angkutan Umum Di Belanda

Mengunjungi 3 Lokasi Cantik Dalam 1 Hari | Rotterdam


Ellyprachtig.blog – Di negeri kecil Belanda terdapat 12 propinsi-propinsi. Di setiap propinsi berisi kota-kota pula. Nah, di dalam kota ada banyak lokasi-lokasi cantik yang patut di kunjungi. Bagi kamu para pelancong atau mereka yang sangat kritis, mau tau detail, jenis pertanyaan ini yang sering muncul di benak mereka, “ada apa sebenarnya di dalam kota itu?”.

Tipe pelancong seperti ini, biasanya mereka tidak lepas dari secarik kertas dan pena. Mulai lah mereka menulis satu-persatu, daftar lokasi-lokasi cantik dan bersejarah yang mereka ingin kunjungi.

Kota Rotterdam terletak di propinsi Belanda Selatan. Yang pada kenyataanya, kalau di lihat dari peta Belanda, kota ini berposisi di bagian Barat nya.

Kota metropolis; nan arsitek adalah kota terbesar nomor 2 di negeri kecil Belanda.

Jika kamu punya waktu dalam 1 hari, dan pada hari itu niat kamu cuma mau santai, gak di uber waktu toh bisa mengunjungi tempat-tempat wisata menarik yang lagi nge-trend.

Dimana aja sih spot-spot cantik itu?

 

  Mengunjungi 3 Lokasi CantikDalam 1 Hari – Rotterdam

 

#1   KOTA ROTTERDAM  

Tentara Jerman menyerbu negeri kecil Belanda pada tanggal 10 Mei 1940. Selama Perang Dunia ke-II, harapan mereka akan menaklukkan Belanda hanya dalam satu hari. Tentara Belanda dipaksa untuk menyerah pada tanggal 15 Mei 1940 setelah pemboman Rotterdam 1 hari sebelumnya, yaitu pada tanggal 14 Mei. Tentara Jerman mengancam akan mengebom kota-kota Belanda lainnya – yang pada saat itu jantung kota Rotterdam hampir sepenuhnya sudah pada hancur.

Kota Rotterdam secara bertahap dibangun kembali dari tahun 1950 hingga 1970-an. Kini kota berkembang dengan arsitektur ala  bangunan ber-gaya berani dan moderen. Bak gedung-gedung pencakar langit seperti apartemen, gedung perkantoran dan fasilitas rekreasi di pusat kota yang lebih ‘layak huni’.

Apakah kamu salah satu penggemar arsitektur? Maka kunjungan kamu ke Rotterdam tidak sia-sia!

 

 

Ramainya wisatawan dari berbagai bangsa menyerbu pusat kota. Tentunya “selfie”, adalah seorang sahabat karib, yang setia menemani kamu selama di kota ini. Maka itu, yuk kita berselfie-ria selama berada di kota cantik ini.

Jembatan Erasmus

Menurut USA Today,  kalau jembatan Erasmus adalah salah satu dari sepuluh jembatan paling spektakuler di dunia.

 

Universitas Erasmus

Universitas Erasmus memiliki peran penting di kota ini, dan karena kampus ini pula lah nama Rotterdam di kenal.

Gedung-gedung pencakar langit menimbulkan pemandangan yang tidak biasa di Belanda. Intinya, pemandangan kota berarsitek moderen ini lain daripada kota lainnya.

Ini semua hasil perancang dari arsitek terkenal asal negeri ini sendiri.

 

 

 

 

#2   RUMAH KUBUS 

Piet Blom adalah seorang arsitek Belanda yang terkenal karena ‘Rumah Kubus’ nya. Pada pertengahan 1970-an rumah kubus dibangun di Helmond, sedangkan pada awal tahun 1980-an dibangun di Rotterdam.

Lokasi rumah kubus sangat strategis. Selain ia berada di pusat kota, juga dekat dengan stasiun kereta Blaak Rotterdam, pelabuhan tua atau Oude Haven dalam Bahasa Belanda, juga dekat dengan pasar mingguan.

Yang tidak kalahnya lagi, bahwa fakta yang diketahui oleh orang banyak, kalau Rumah Kubus ini ternyata sudah masuk ke salah satu ikon dari kota ini.

 

Setelah cek-ricek harga appartemen, sekitar lebih kurang €250.000 dengan 3 kamar tidur bervariasi. Ternyata harga rumah ini tidak murah loh. Namun, lokasinya super aduhai.

 

Rumah warga berbentuk kubus berada di daerah pelabuhan tua, persis di jantung kota Rotterdam, Belanda. Rumah unik dan bentuk yang tidak biasa ini di anggap kreatif, tak heran kalau ini menjadi sorotan bagi banyak orang.

 

♥♥♥    Lapangan parkir untuk kota Rotterdam

Untuk bisa berkunjung ke pusat kota Rotterdam, dan kamu  datangnya dengan kendaraan pribadi, coba masukkan alamat parkir Schouwburgplein ini Weenatuneel 50, 3013AL Rotterdam di sistem navigasi kamu.

Ingat! Biaya parkir di negeri Belanda sangat mahal. Harga tarif parkir sangat bervariasi. Tergantung parkir di siang hari, atau di malam hari. Coba cek info selanjuntya di info parkir kota Rotterdam.

 

#3   EUROMAST

Menara tertinggi di negeri kecil Belanda, yaitu Euromast. Menara setinggi 185 meter ini adalah salah satu menara tertinggi dan terindah di dunia, seperti layaknya menara Eiffel yang ada di Paris.

Secuil sejarah awalnya Euromast berdiri dan arti dari Euromast.

Euromast dibangun pada tahun 1960 oleh seorang arsitek H.A. Maaskant yang bekerja sama dengan seorang kontraktor J.P. van Eesteren.

Pada bulan November 1958, surat kabar Rotterdam membuat pengumuman mengenai arti nama dari Euromast.

Yang ‘Euro’ disebut karena Rotterdam terletak di jantung Wilayah Ekonomi Eropa. Dan ‘mast’ berarti “tiang”.

Istilah “mast” berasal dari Bahasa Belanda, bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Bahasa Swedia, Bahasa Norwegia, dan Bahasa Denmark. Kata ini hampir sama dalam bahasa lain juga.

Di bawah ini secuil cuplikan vidio durasi 1:09 menit – yang di rekam dari Euromast ketinggian 100 meter.

 

 

Di malam hari jika cuaca sudah rada gelap, keindahan lampu nuansa hijau akan di hidupkan.

 

Pada tahun enam puluhan, ketinggian Euromast hanya sampai 112 meter. Dari ketinggian ini cukup untuk melihat garis pemisah antara bumi dari langit atau garis carkrawala. Percaya deh, begitu kamu berdiri di pilar pertama ini kamu tak akan berhenti mengagumi keindahan kota Rotterdam sepanjang sungai Maas.  .

Tidak lama kemudian, pada tahun 1970 ketinggian menara di tambah hingga total ketinggiannya mencapai 185 meter – bangunan tertinggi di Belanda!

 

Tiket masuk sebesar €9,75 sudah termasuk kegiatan ikut elevator. Elevator bergerak yang hanya dalam 30 detik kamu dibawa ke ketinggian 100 meter ke udara!

Semasa kamu berada di udara, sebuah audio-guide akan menerangkan tentang kota Rotterdam beserta gedung-gedung bersejarahnya.

Misalnya seperti pelabuhan terbesar di Eropa.

Pelabuhan terbesar di Eropa cuma ada di kota Rotterdam. Ini lagi yang membuat nama kota ini semakin ramai pengunjungnya, terutama mereka para pengusaha yang bekerja sama dengan perusahan-perusahan asing guna menyalurkan, menyimpan barang-barang dan sejenisnya. Tak heran, kalau kota Rotterdam masuk dalam kategori “ekonomi terbesar” untuk dunia logistik.

 

Luangkan waktu memotret matahari sebelum ia terbenam. Foto kenangan indah yang tidak bisa di abaikan begitu saja.

 

Di dalam menara Euromast tersedia restoran dengan menu makanan ala Barat. Jika kamu ingin duduk persis dekat jendela, lebih bagus reservasi terlebih dahulu. Jangan kaget kalau restoran selalu penuh.

 

Tentu saja jika ingin bentang tikar, duduk di atas rumput taman di sekitar Euromast, membuat jalan-jalan kamu semakin santai, tidak di uber waktu, namun toh semua tempat-tempat wisata cantik kota Rotterdam sudah di kunjungi.

 

♥♥♥   Tiket masuk ke Euromast dan jam buka

Harga tiket masuk sangat bervariasi, begitu juga dengan jam buka. Alasan ini di sesuaikan karena keadaan cuaca. Untuk lebih tau info selanjutnya, coba cek di situs resmi mereka di harga tiket Euromast dan jam buka.

♥♥♥   Lapangan parkir untuk ke Euromast

Jika kamu datangnya dengan kendaraan pribadi, coba masukkan alamat ini Parkhaven 20, 3016 GM Rotterdam di sistem navigasi kamu. Tentu bersiap-siap sebelum berangkat akan menyamankan perjalanan kamu.

♥♥♥    Angkutan umum

Toh kamu datangnya dengan angkutan umum, coba cek situs resmi 9292ov angkutan umum Belanda. Di situs ber-Bahasa Inggris ini kamu bisa pilih sesuai asal kota keberangkatan kamu.

♥♥♥  Cuaca

Jika berkunjung di musim panas, sekitar bulan Mei s/d Agustus, akan terlihat kilauan sinar mentari menyentuh apitan gedung-gedung pencakar langit – yang pancarannya bisa mendongakkan kepala dan mata kamu sampai ke titik puncak gedung. Indah bukan?

♥♥♥    Postingan di medsos

 

 

 

♥♥♥    Postingan di Facebook grup TLC

Seperti biasa, ulsan ini juga saya posting di grup Facebook Tour Leader Club (TLC)

Begitulah informasi singkat tentang “Mengunjungi 3 Lokasi Cantik Dalam 1, di kota Rotterdam”.

 

Semoga bermanfaat dan selamat berpetualang!

 

Ellyprachtig.blog

Sumber: Wikipedia

 

Iklan

2 replies »

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s