Gelderland

Budaya Di Taman Orientalis | Nijmegen


Ellyprachtig.blog – Negeri kecil ini menyimpan banyak museum-museum. Jumlah angka pastinya masih sulit untuk di cetuskan, namun di perkirakan memiliki lebih kurang dari 680-1200 museum-museum. Sebagian nama museum di masukkan ke dalam daftar statistik lokal CBS, dan sebagian lagi di masukkan ke dalam daftar instansi yang terlibat dalam dunia Pariwisata dan Kebudayaan.

 

♥♥♥   Sekilas tentang Taman Museum Orientalis

Taman Museum Orientalis adalah museum tertua di Belanda. Museum berada di lingkungan terbuka dalam perkarangan luas 30 hektar ini terletak di wilayan Arnehm-Nijmegen, propinsi Gelderland, Belanda.

Museum di dirikan pada tahun 1911, di bina dibawah Yayasan Tanah Suci atau Heilig Land Stichting dalam Bahasa Belanda-nya. Menurut sejarahnya, museum di bentuk oleh tiga orang pengembara – yang gagasan terilhami berdasarkan pengalaman pribadi sepulang kunjungan mereka berziarah dari Tanah Suci pada tahun 1905.

Uniknya, mereka bertiga masing-masing memiliki latar belakang berbeda. Yang satu pendeta, yang satu seorang arstitik, dan yang satunya lagi seorang seniman. Gagasan mereka kumpulkan bersama, hingga terbentuklah museum ini.

 

Museum Orientalis mengilustrasikan tentang budaya dan agama yang berbeda. Dengan cara memperlihatkan isi dalam kawasan museum bertemakan tiga desa. Tiga desa yang mereka sebut adalah desa Yahudi, desa Arab yang terlihat padang pasir dan bangunan Karavanserai, dan jalanan kota Romawi. Kesimpulannya, umat Yudaisme, Kristen dan Islam mewarnai kehidupan mereka dengan cara “berbaur”.

 

Selain itu, di bentuknya museum juga untuk memperlihatkan kepada para pengunjung – lokasi sewaktu hidupnya Yesus Kristus. Kesimpulan dari ide ini, memberi kesempatan bagi mereka yang ingin melihat tempat lahirnya Yesus Kristus, tanpa  mereka harus pergi ke negara Timur Tengah.

 

♥♥   Beth Juda di Taman Museum Orientalis 

Satu desa Beth Juda, sebuah ilustrasi penduduk Israel maupun orang Yahudi yang bermukim di luar negeri. Tepat di luar desa ini terdapat satu taman tersembunyi. Di dalam taman terdapat tujuh produk pertanian, produk penting untuk bangsa Israel, seperti misalanya ada gandum, anggur, ara, delima, zaitun (minyak) dan madu.

 

♥♥    Agama dan Budaya di Taman Museum Orientalis mewarnai beragam kepercayaan

Taman Museum Orientalis memilih titik fokus, bahwa sejarah agama dan budaya di Timur Tengah pernah memiliki kepercayaan bahwa Tuhan adalah satu/ tunggal, yang berkuasa penuh atas segala sesuatu. “Berbaur antar umat”, foto dibawah terlihat dari pakaian yang mereka kenakan. Ketiga pakaian yang mewakili agama Islam, agama Kristen dan agama Yahudi. Begitulah konsep sejarahnya — sehingga terwujud Museum Orientalis.

 

Secuil ilusi terbentuknya museum, bahwa ribuan tahun yang lalu Abraham adalah nomaden, hidup di perkemahan Badui dan melakukan perjalanan melalui padang pasir Afrika Utara dan Timur Tengah dengan berbekal sedikit harta dan beberapa ekor sapi dalam bentuk kambing dan unta.  Dalam perjalanannya beliau bertemu dengan para sahabatnya dari berbeda kepercayaan, mereka dari Yahudi, Kristen dan Islam.

 

 

♥♥   Di dalam ruangan pintu masuk museum Taman Museum Orientalis

Di dalam ruangan museum memamerkan berbagai benda relevan keagamaan dan kebudayaan dengan berbagai tema.

 

♥♥♥   Museum Edu cocok buat keluarga

Museum pendikan ini sangat cocok di kunjungi, terutama bagi keluarga yang ingin menyulangi ilmu pendidikan kebudayan dan keagamaan buat anak-anak mereka.

♥♥♥   Koleksi miniatur-miniatur cantik tentang negeri Belanda

Di pintu masuk utama museum, terdapat satu cafe yang menjual hidangan makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Yang di dalam cafe juga menyediakan koleksi miniatur-miniatur cantik tentang negeri Belanda.

 

 

♥♥♥   Informasi Museum Orientalis yang berkaitan dengan jam buka dan harga tiket masuk

Untuk informasi selanjutnya tentang museum ini, kapan waktu tepatnya berkunjung, coba cek di situs resmi mereka di Visitor Information.

♥♥♥   Lokasi Museum Orientalis

Jika berkunjung kemari, coba cek alamatnya di Profetenlaan 2, 6564 BL Heilig Landstichting, The Netherlands.

♥♥♥   Transportasi umum

Di Belanda ada satu situs resmi namanya 9292ov, nah di situs berbahasa Inggris ini kamu bisa cek jadwal angkutan umum menuju Taman Museum Orientalis di Arnehm-Nijmegen. Dimana perjalanan memakan waktu 1 jam 41 menit dari stasiun kereta Amsterdam Centraal.

Contoh printscreen dibawah ini smoga bermanfaat. Harga sebesar € 20,81 adalah harga untuk sekali jalan.

Beginilah, ulasan singkat tentang “Kebudayaan Di Taman Orientalis – Nijmegen”.

Selain postingan Saya publish di Blog, Saya juga mempostingnya di Facebook – Tour Leader Club (TLC). Yuk simak, apa kata teman-teman mengenai museum ini.

 

Ellyprachtig.blog

Sumber: Foto pribadi

 

 

 

Iklan

2 replies »

    • waktunya gak ada loh des…aduh, sebenarnya banyak yg ingin di sharing. Bener, akhirnya bisa di posting jg nie artikel;-)
      Seneng denger desy serasa ikut dalam alur certia. Waktu mba kemari jg mbatin…museum ini lain daripada yg lain, museum yg berada di luar ruangan, lingkungannya alam sekali des..

      Suka

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s