Angkutan Umum Di Belanda

Pulau Terpencil | Marken


Ellyprachtig.blog –  Dahulunya Marken adalah sebuah pulau, namun sejak tahun 1957 Marken telah terhubung ke daratan melalui sebuah tanggul. Tujuan dibuatnya tanggul yaitu untuk mencegah banjir. Maka dari itu, jangan heran jika Anda melihat banyaknya rumah-rumah penduduk desa berbentuk rumah panggung. Konstruksi bentuk rumah sengaja di bangun dengan arsitek konsep “menghindar banjir”.

Marken dulunya pulau terpencil juga terisolasi. Dan sejak Marken sudah di hubungkan dengan daratan, ia pun di naungkan di bawah Gemeente Waterland atau Kotamadya Waterland, propinsi Belanda Utara, Belanda.

♥♥♥ Marken di lirik oleh banyak wisatawan luar

Marken di lirik oleh banyak wisatawan asing, terutama pengunjung dari Asia, dan tentunya wistawan dari Indonesia yang kian hari kian membludak. Kabarnya, desa tua Marken ini telah mencuat namannya di dunia pariwisata sudah selama satu abad.

♥♥♥ Informasi (Tourist Information atau VVV)

Begitu tiba di Marken –  turun dari kapal langsung belok kiri dan jalan terus, disana akan terlihat satu rumah dengan papan nama Tourist Information atau VVV dalam Bahasa Belandanya. Nah, disini Anda bisa minta informasi atau brosur secara gratisan untuk tempat-tempat wisata Marken.

 

♥♥♥ Rumah Penduduk Marken

Cirikhas rumah kayu yang di pondasiin dengan sebuah tiang, atau rumah panggung ini sangatlah menjadi daya tarik bagi yg melihatnya. Tradisi rumah panggung di konsep untuk menghindar banjir. Dan rumah panggung yang tertua biasa mereka menyebutnya dengan “galangan kapal”. Rumah-rumah panggung ini masih saja tetap di jaga kelestarian dan keasliannya.

Dibawah ini ada video singkat berdurasi 13 detik tentang Marken.

 

Dan tampak juga beberapa rumah-rumah dengan konstruksi bangunan normal, namun warna dinding hijau ini tetap melekat yang alasannya memegang tradisi rumah adat.

 

♥♥♥ Rumah huni yang sekaligus di jadikan usaha buka warung suvenir atau restoran

Marken dan Volendam biasa di juluki dengan kata Desa Nelayan, ini disebabkan karena mata pencaharian mayoritas warga setempat adalah sebagai nelayan. Jika Anda ingin merasakan lezatnya ikan segar, jangan lupa mampir ke warung yang menyediakan ikan segar dengan rasa bumbu yang bervariasi.

Karena Marken adalah daerah wistawan, maka banyak terdapat rumah-rumah penduduk yang rumahnya mereka jadikan tempat usaha sekaligus tempat huni. Misalnya usaha dagang suvenir, buka warung atau restoran.

 

♥♥♥ Pakaian tradisi ala Marken

Anehnya, negri kincir angin yang mungil ini ternyata memiliki pakaian adat. Pakaian adat yang setiap kotamadaya berbeda-beda pula. Luar biasa! Nah, foto dibawah ini adalah salah satu warga yang mengenakan pakaian adatnya dengan profil mencolok ala Marken.

 

♥♥♥ Angkutan umum dari stasiun kereta api Amsterdam Centraal atau Meeting point

Jika janjian dengan beberapa teman, pintu masuk utama stasiun kereta api Amsterdam Centraal adalah satu meeting-point yg paling tepat.

Coba cek situs resmi kereta api NS untuk layanan ke Volendam.

 

♥♥♥ Amsterdam- Haven Volendam (Cheese Factory).

Dibawah ini Saya selipkan printscreen rute Amsterdam- Haven Volendam (Cheese Factory). Haven artinya pelabuhan. Daerah Haven ini adalah pusat lokasi para wisatawan.

Jadi, jika Anda tiba di pintu masuk utama Amsterdam Centraal, jalanlah menuju halte bus CS Ijzijde, yang kemudian naik bus EBS 316. Perjalanan dengan kendaraan bus dari Amsterdam-Volendam akan memakan waktu sekitar 35 menit.

 

 

 

♥♥♥ Transportasi kapal feri dari Volendam

Marken sangat mudah di capai apabila Anda kebetulan berada di  Volendam. Dari Volendam ke Marken dengan kapal bermotor feri akan mencapai 30 menit . Keberangkatan kapal tergantung cuaca. Tiket masuk sangat bervariasi.

Untuk informasi tiket kapal lebih lanjut coba klik situs resminya dalam Bahasa Inggris di Volendam Marken Expres.

Di dalam kapal menyediakan makanan ringan dan minuman.  Jika ingin memesan harus bayar sendiri, karena ini tidak termasuk biaya tiket kapal.

Pemandangan ini adalah pemandangan yang terlihat selama perjalanan dari Volendam ke Marken.

 

♥♥♥ Lapangan parkir di Volendam

Toh datangnya dengan kendaraan pribadi? Di Volendam ada satu tempat lapangan parkir yang di rekomendasikan oleh warga setempat. Biaya parkir tidak terlalu mahal. Printscreen di bawah ini mungkin membantu. Nama lapangan parkir Boegstraat Volendam. Dan dari lapangan parkir berjalan kaki menuju Havenstraat (pusat lokasi wisatawan) sekitar 10 menit.


Beginilah, ulasan singkat tentang “Pulau Terpencil – Marken”.

Selain postingan Saya publish di Blog, Saya juga mempostingnya di Facebook – Tour Leader Club (TLC).  Yuk simak, apa kata teman-teman mengenai Marken.

 

Ellyprachtig.blog

Sumber: Foto pribadi

 

 

 

Iklan

10 replies »

  1. Wah info menarik Kak Elly… miss you lama dikau menghilang. Marken ini berarti ga jauh dari Volendam ya Kak? Bentuk rumah panggungnya itu menjadi ciri khasnya ya. Aku belum pernah kesini, semoga ada kesempatan ke Belanda lagi. Amien.

    Disukai oleh 1 orang

    • Kika, thanks uda mampir. I miss you too. Itu Facebook baru bisa di buka, kan kemarin kendala. Setelah diskusi panjang sama Facebook team akhirnya di bukalah Fb ku, tapi nama belakangku jadi di tiadakan, krn tidak tertera di ID, yah sudahlah ku pikir, seng penting fb ku balik toh?

      Marken mang sangat unik Kika, nanti kalo kamu ke Volendam lagi, jangan lupa singgah kemari, cuma 30 menit kok naik kapal. Sungguh worth it tempat ini utk di kunjungi.

      Suka

    • Iya, ini aku sengaja jelasin bagi teman2 yg mau backpackaren kan pake angkutan umum, juga aku jelasin buat teman2 yg kebetulan sewa mobil, jadi mreka tinggal cari di navigasi alamatnya yg tepat dan juga tempat parkirannya. Terimkasih desy udah mampir 😉

      Suka

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s