Utrecht

Pesona Alam Hutan Desa Leersum Di Incar Para Pecinta Alam – Belanda


Ellyprachtig.blog – Di negeri Belanda ada satu desa, desa kecil yang penduduknya kurang dari 8000 (thn 2016) jiwa. Desa kecil ini terletak di pinggiran kota Utrecht, makanya desa masih di bawah naungan Propinsi Utrecht. Baru-baru saja, Desa Leersum di geser menjadi Kota yang di kordinasi oleh Kotamadya Utrechtse Heuvelrug.

Leersum, begitulah nama desa kecil ini. Maaf, aku terbiasa menyebut Leersum dengan kata “Desa”, karena sangking kecilnya kota ini. 

Leersum, di desa inilah tempat tinggalku. Desa di selimuti hanya dengan ketenangan dan kedamaian. Jika matahari mulai tenggelam, yang aku dengar hanya suara jangkrik ataupun suara-suara serangga sejenisnya.

Desa ini adalah desa pilihanku, dan aku enggak mau berpindah ke lain hati (daerah).

Negeri Belanda memang sangat kecil. Pemandangan alam yang di miliki negeri ini, tidak sekaya seperti di negara-negara Asia. Namun, warga Belanda sangat aktif dan kreatif, apalagi dalam hal memelihara dan mencipatkana sebuah cagar alam. Mulai dari cagar alam yang tidak ada menjadi ada sedangkan yang ada akan segera wajib di lestarikan, begitulah tatakrama penduduk asli yang aku kenal.

♥♥♥  Perjalanan dari Leersum ke kota Utrecht

Leersum berada di pinggiran kota Utrecht. Kendaraan umum sangat terbatas. Maka dari itu, memiliki kendaraan pribadi sangat-sangat nyaman jika tinggal di desa ini.

Perjalanan dari desa Leersum menuju kota Utrecht akan memakan waktu lebih kurang 20 menitan dengan kendaraan –  sekitar 25 km.

♥♥♥  Taman Nasional Utrechtse Heuvelrug

Taman Nasional Utrechtse Heuvelrug adalah ikon dari desa Leersum. Taman nasional milik Propinsi Utrecht, sebuah daerah perbukitan yang menyuguhi pemandangan alam hutan yang di minati oleh banyak para pecinta alam, terutama pada akhir pekan. Untuk masuk ke taman ini tidak dikenakan biaya masuk. Hanya, kalau di akhir pekan lapangan parkir sering penuh. Maka  alternatifnya harus mencari tempat parkiran berbayar.

Konon, Taman Nasional ini sudah ada sejak tahun 2003.

 

♥♥♥  Olah raga, bersepeda atau jogging di Taman Nasional Utrechtse Heuvelrug

Olah raga sudah menjadi kegiatan prioritas. Nah, di taman ini akan banyak di jumpai mereka para pecinta hidup sehat. Mereka yang ber-sepeda, berlari, ber-jogging dan ber-meditasi.

♥♥♥  Cuaca

Cuaca di negeri Belanda terbagi dalam 4 musim. Yaitu, musim panas, musim dingin, musim semi, dan musim gugur.

Musim gugur biasanya mulai dari bulan September s/d November.

Musim dingin biasanya mulai dari bulan Desember s/d Februari.

Musim semi biasanya mulai dari bulan Maret s/d April.

Sedangkan musim panas biasanya mulai dari bulan Juni s/d Agustus.

Nah, kalau sudah warna dedaunan mulai menguning-kecoklatan, ini pertanda musim gugur. Setelah musim gugur usai, artinya, musim dingin pun sagera tiba. Matahari pun tenggelam sangat dini. Waktu terasa singkat. Pukul 8 pagi matahari baru mulai nampak. Dan pukul 5 sore hari matahari pun sudah mulai terlihat tenggelam. Pukul 8 malam hari, seakan berada di pukul 12 tengah malam. Begitulah kehidupan di musim gugur dan musim dingin. Cuaca yang ada hanya gelap.

Kalau sudah musim dingin, bawaan males keluar, kondisi loyo. Lebih memilih duduk diam di rumah, di temani mesin penghangat. 😉

Foto di bawah ini adalah di pasar jalan raya sekitar Taman Nasional Utrechtse Heuvelrug.

 

♥♥♥  Akomodasi

Di Leersum terdapat banyak akomodasi ataupun sejenis Bed and Breakfast. Ini akibat banyaknya pelancong yang datang, terutama mereka pecinta alam asal negari jiran, Jerman.

♥♥♥  Vila-vila yang di huni oleh orang-orang berduit.

Di desa Leersum banyak terdapat vila-vila yang di huni oleh orang-orang berduit. Dan foto gedung ala kastil di belakangku adalah sebuah rumah yang di huni oleh penduduk lokal. Informasi aku sampaikan, karena aku tidak melihat adanya sebuah papan nama yang menyebutkkan nama dari gedung ini.

 

Beginilah, ulasan singkat tentang desaku. “Desa” Leersum, dimana Taman Nasional Utrechtse Heuvelrug berada.

Selain postingan aku publish di Blog, aku juga mempostingnya di Facebook Tour Leader Club (TLC).  Yuk simak, apa kata teman-teman mengenai desa Leersum.

 

Elly Prachtig

Ellyprachtig.blog

Sumber: Foto pribadi dan sumber di kutip lewat Wikipedia.

 

Iklan

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s