Eropa Utara

Mengunjungi 10 Tempat Wisata Dalam 5 Hari – Islandia

Ellyprachtig.blog – “Banyak teman banyak rezeki”, pepatah yang masih lengket di dalam benak dan pikiranku. Undangan seorang teman membawaku sampai ke negeri dingin Islandia, Iceland Bahasa Inggrisnya.

Negara Islandia yang berada di Eropa bagian Utara ini membuat aku begitu fokus, bagaimana caranya aku bisa berkunjung kemari. Uang di tabunganku enggak begitu banyak, dan gosip tentang biaya pengeluaran di negara ini begitu mahal. “Bagaimana ya… “, bethinku. Namun, “dimana ada usaha, pasti ada jalan”, pepatah lagi. ;-). Undangan si Linda sahabatku pun langsung aku setujui.

Untungnya, dari undangan ini aku tentunya tidak perlu memesan akomodasi, dan baik hatinya Linda dan keluarganya yang sesekali masak buat aku dan sekeluarga.

APLIKASI SKYSCANNER

Skyscanner adalah sebuah travel metasearch engine, yang memudahkan aku mencari tiket-tiket murah, seperti Agoda dan sejenisnya. Untungnya, Skyscanner bisa di download di hape, sehingga aku bisa sesekali cek harga-harga tiket yang lagi promo. Siap tau, aplikasi ini juga mujarab buat kamu, maka coba buka link Skyscanner disini dan cari tiket penerbangan, hotel dan sewa mobil.

Singkat cerita, dari Skyscanner aku dapat penerbangan murah. Aku terbang bersama maskapai penerbangan WOW air dari Bandara Schiphol Amsterdam menuju Keflavik Internation Airport Iceland.

WOW Air

WOW air adalah sebuah maskapai penerbangan yang pelayanannya mirip dengan maskapai penerbangan Air Asia. Harga murah, sangat ideal buat para traveller yang punya budget terbatas.

Tiket pesawat yang aku buking adalah PP Amsterdam Schiphol – Keflavik International Iceland. Biaya total aku bayar adalah €302,20. Biaya ini sudah termasuk 1x piece hold bagage max 20kg dan 1x cabin bagage max 12kg. Jika tidak mau bayar bagasi, boleh juga. Tapi ingat, bayar kelebihan bagasi di bandara akan jauh lebih mahal. By the way, semuanya bisa di pilih sesuai selera.

Makan di dalam pesawat tidak termasuk. Jadi semua harus di bayar ekstra. Dan untuk segala pembayaran WOW Air hanya menerima Kartu Kredit saja. Di depan kursi sudah tersedia beragam brosur, seperti brosur berisi menu makananan dan penjualan suvenir, tinggal pesan lewat Pramugara/i WOW Air.

Namanya pesawat murah, jadi jangan mengharap banyak, delay sudah menjadi hal yang lumrah. Lebih nyaris lagi, jika ada sesuatu kejanggalan pada tiket misalanya kekeliruan pada jam keberangkatan, jangan pernah meminta informasi lewat e-mail. Segera minta bantuan lewat telefon ke Call Centre WOW Air.  Jadi JANGAN menghubungi mereka lewat email. Karena ini akan di balas beberapa hari kemudian. Beginilah namanya kita mau murah. 😉

DAILY TOUR BERSAMA VIATOR

Tentunya tujuanku masuk ke negara Iceland bukan hanya sekedar kunjungi teman, tapi aku juga mau eksplor tempat-tempat wisata yang namanya sudah begitu tersohor sampai ke seluruh jagad raya. Karena itu, aku pun mulai meng-google cari Things To Do in Icealnd. Akhirnya aku dapat informasi sesusai dengan seleraku lewat Trip Advisor.

Aku membuking daily tour dengan durasi 14 jam. Dimana harga €198 ini sudah termasuk Bus pariwisata kapasitas 30 orang, Guide berbahasa Inggris, dan kapal berkeliling sekitar Jökulsàrlon Lagoon. Dan nama rute selama 14 jam tadi adalah South Coast and Jökulsárlón Glacier Lagoon Day Tour from Reykjavik.

Jadi begitu aku melunasi pembayaran, aku pun menerima konfirmasi e-mail dari TripAdvisor, menyatakan bahwa pembayaran sudah lunas dan personal kontak untuk di Iceland adalah Viator atau Grey Line Iceland, sebuah tour operator online yang sudah bekerja sama dengan TripAdvisor.

KESAPAKATAN PERJANJIAN LOKASI PENJEMPUTAN DAN PENGANTARAN (pick-up and drop-off)

Begitu pembayaran sudah terlunasi, maka perusahaan GreyLine akan mengirim kan e-mail, berisi lokasi penjemputan dan pengantaran (pick-up and drop-off location), dimana aku bisa memilih lebih dari 20 lokasi.

Begitu aku sudah memilih lokasi, bus GrayLine menjemput aku. Kemudian kami berangkat menjemput penumpang lain. Begitu seluruh penumpang terkumpul kami semua di bawa ke terminal bus GreyLine. Gambaran foto ada dibawah ini. Nah, dari terminal bus ini kami berangkat, perjalanan ke South Coast and Jökulsárlón Glacier Lagoon Day Tour from Reykjavik.

Well, hari pertama kedatanganku di negara Islandia pada akhir bulan September 2017. Aku tiba malam hari pukul 23:00, Linda bersama suaminya yang menjemput aku di bandara Keflavik Internation Airport Iceland.

Keesokan harinya, dimana Linda dan putrinya Callista membawaku ke destinasi wisata di sekitar, yang tidak jauh dari tempat mereka tinggal.

MENGUNJUNGI 10 TEMPAT WISTA DALAM 5 HARI

#1  Mengunjungi Kerid, bersama sahabatku Linda.

Kerid , sebuah Danau kawah vulkanik yang tarletak di daerah Grimnesi, bagian Selatan di negara Islandia. Konon, kawah akibat letusan gunung berapi ini terbentuk sekitar 6.500 tahun yang lalu. Dan kawah berbentuk oval ini memiliki kedalaman air bervariasi antara 7 hingga 14 meter.

Kalau di Indonesia, ini mirip sama Danau Kelimutu yang di Ende Flores. 😉

Hal tiket masuk, hingga saat ini tempat wisata yang aku kunjungi di negara Islandia, baru lokasi wisata ini ada biaya tiket masuk, biasanya gratis hihi..

Tiket masuk: 400 ISK per orang.

Di bawah ini beberapa koleksi foto tentang Danau Kerid yang aku posting di Facebook 2017, Kerid, Iceland. Yuk, kita cek apa kata teman-teman mengenai danau ini.

#2. Mengunjungi Gulfos atau Golden Waterfall bersama sahabatku Linda.

Ikon air terjun yang menawarkan pemandangan spektakuler. Keindahan alamnya yang menakjubkan hingga tak terucapkan. Air terjun turun hingga 32 meter ini berada di bagian Selatan, negara Islandia. Kalau cuacanya cerah, si pelangi akan muncul berkilau, ia berdiri persis di atas air terjun.

Yang paling serunya lagi, di tiadakan tiket masuk. Hohoo, gratis!!

Di bawah ini beberapa koleksi foto tentang Gulfoss Waterfall di Facebook 2017-Gulfoss, Iceland. Yuk, kita cek apa kata teman-teman mengenai Air terjun ini.

#3  Mengunjungi Geysir bersama sahabatku Linda.

Geysir, sebuah lobang berisi lumpur dan mata air atau hot spring aktif lebih dari 1000 tahun.

Setiap beberapa menit air mendidih akan nyembur ke atas, yang semburan tingginya bisa mencapai sekitar 30 meter. Ini yang membuat wisata ini begitu popular.
Geysir berada di Haukadalur, negara Islandia.

Tiket masuk lagi-lagi gratis!

Di bawah ini beberapa koleksi foto tentang Geysir Hot Spring di Facebook 2017-Geysir, Iceland. Yuk, kita cek apa kata teman-teman mengenai Hot spring ini.

#4. Mengunjungi Hafnarfjörður bersama sahabatku Linda.

Tak jauh dari Reykjavík, kami berkunjung ke kota Hafnarfjörður. Kota memiliki pantai indah di dereti beragam rumah lokal ala Islandic.

Di dalam kota ini ada satu hotel unik, namanya Hotel Viking.
Viking Village, hotel dan restoran yang mensponsori acara penghormatan buat para petani, nelayan, penggembala dan bajak laut bangsa Viking.

Di samping itu, kabarnya kota Hafnarfjörður mengadakan Festival Viking setiap tahun, yang festival berlangsung selama 4 hari. Dimana festival menampilkan seniman, pemusik, pengrajin dan pejuang Vikking.

Di bawah ini beberapa koleksi foto tentang Hafnarfjörður di Facebook 2017-Hafnarfjörður, Iceland. Yuk, kita cek apa kata teman-teman mengenai Air terjun ini.

#5.  Skógafoss Waterfall bersama Day Tour Viator atau Grey Line Iceland.

Skógafoss adalah air terjun yang tarletak di Sungai Skógá. Pemandangan nan indah, hijaunya rerumputan dan tebing-tebing dari wisata ini membuat matakau gak bisa berkedip.

Skógafoss adalah salah satu air terjun terbesar di negara ini.

Meskipun cuaca diliputi hujan dan kabut, masih saja si Pelangi muncul dengan indahnya, ia berdiri tepat di atas air terjun ini.

Di bawah ini beberapa koleksi foto tentang Hafnarfjörður di Facebook 2017-Skogafoss Waterfall, Iceland. Yuk, kita cek apa kata teman-teman mengenai Air terjun ini.

#6. Jökulsárlón lagoon bersama Day Tour Viator atau Grey Line Iceland.

Jökulsárlón lagoon, wisata tempat melihat keindahan potongan-potongan es yang bertebaran di pantai pasir berwarna hitam.

Di sepanjang perjalanan, akan di suguhi pemandangan gunung-gunung indah dan aliran air sungai es. Aku kira pada saat itu aku berada di planet lain. Apalagi sewaktu megang es batu yg berumur 1000 tahun, dan aku makan pulak es batunya. Waduh, seumur hidup, ini pertama kali aku merasakan pngalaman ini dan melihat keindahan alam seperti ini.

Di bawah ini beberapa koleksi foto tentang Hafnarfjörður di Facebook 2017-Jökulsárlón Glacier Lagoon, Iceland. Yuk, kita cek apa kata teman-teman mengenai lagoon ini.

#7.  Hvannadalshnúkur bersama Day Tour Viator atau Grey Line Iceland.

Masih dalam perjalanan di bagian Selatan, negara Islandia.

Kami berhenti di kawasan Hvannadalshnúkur. Waktu di berikan untuk memotret pemandangan alam glacier dan puncak Gunung Hvannadalshnúkur yang mencengangkan. Gunung Hvannadalshnúkur adalah gunung tertinggi dari negara ini. Dan disekitar Gunung Hvannadalshnúkur, terdapat juga Gunung Oræfajökull, gunung berapi yang masih aktif.

Bagi kamu para pecinta alam, demam mendaki puncak gunung, nah lokasi ini adalah lokasi yang ideal. Tentu saja, jasa pemandu wisata sangat di sarankan!

Di bawah ini beberapa koleksi foto tentang Hvannadalshnúkur di Facebook 2017-Hvannadalshnúkur, Iceland. Yuk, kita cek apa kata teman-teman mengenai gunung tertinggi ini.

#8. Hallgrímskirkja bersama sahabatku Linda.

Hallgrímskirkja, sebuah gereja terbesar di negara Islandia. Selain gereja ini aktif, juga menjadi salah satu destinasi populer.

Gereja berketinggian 74,5m ini berada di Ibu kota Islandia, yaitu kota Reykjavík.

Di bawah ini beberapa koleksi foto tentang Hallgrímskirkja di Facebook 2017-Hallgrímskirkja, Iceland. Yuk, kita cek apa kata teman-teman mengenai Gereja ini.

#9. Kota Reykjavík bersama sahabatku Linda.

Reykjavík adalah ibukota, yang sekaligus kota terbesar di negara Islandia.

Jalan-jalan ke kota ini bersama sahabatku Linda yang sudi aku jadiin pemandu wisata lokal.

Di bawah ini beberapa koleksi foto tentang Reykjavík di Facebook 2017-Reykjavík, Iceland. Yuk, kita cek apa kata teman-teman mengenai kota ini.

#10. Opera House bersama sahabatku Linda.

Masih di kota Reykjavík, negara Islandia. Bersama sahabatku Linda sambil ngalor ngidul kami duduk ngopi di dalam gedung Opera House.

Sekilas Linda menceritakan tentang gedung Opera house nan indah, yang didirikan pada tahun 1970 oleh para penyanyi muda dan seniman. Opera house sering menyelenggarakan konser dengan penyanyi-penyanyi terkenal, yang bekerja sama dengan para seniman dan theater.

Di bawah ini beberapa koleksi foto tentang Icelandic Opera House di Facebook 2017-Icelandic Opera House, Iceland. Yuk, kita cek apa kata teman-teman mengenai Gedung Opera ini.

AURORA

WOW Air juga menyediakan Tour and Activities yang bekerja sama dengan Travel Operator lokal Reykjavik Excursions. Waktu itu aku aku buking tur untuk Northern Light Tour berdurasi 3 jam dengan biaya €50.

Perlu di camkan, bahwa Aurora tidak selalu mucul. Maka dari itu setiap Travel Organisasi akan memberitahukan lewat E-mail apabila tur Aurora dibatalkan. Jadi bisa lihat Aurora tidak garansi!!!

Kalau Organisasi yang membatalkan, maka uang akan kembali. Oleh sebab itu coba kirim permohonan refund kepada pihak tersebut. Jika belum mendapatkan balasan tentang E-mail permohonan refund, segera hubungi Organisasi tersebut lewat telefon.

Informasi Umum Tentang Negara Islandia
Mata Uang Cuaca Liat Aurora Cuaca Musim Panas Bahasa Resmi Ibukota
ISK (Krona Islandia) September – April Juli – Agustus Islandia

Reykjavik

Tentu saja, cuaca di negara ini tidak dapat di perkirakan dengan tepat, sebelum berangkat musti di cek dahulu, apalagi punya rencana mau lihat aurora.

Sekian dulu informasi tentang “Mengunjungi 10 Tempat Wisata Dalam 5 Hari – Islandia”.

Semoga ini bermanfaat!

Elly Prachtig

Ellyprachtig.blog

Sumber: Foto pesawat terbang WOW dari Google, selebihnya foto pribadi.

Iklan

6 replies »

1. Beruntung sekali punya sahabat seperti linda..itu danau kayak kawah di indonesia..cuma bedanya dsna cuaca pasti adem banget..

Bener memang..banyak teman banyak rejeki..banyak networking jg hehehe