Nusa Lembongan

Sekali Mendayung Tiga Pulau Terlewati – Flores (Day 2-3)


Ellyprachtig.blog – 3 Pulau Terlewati… .

Hari ke-2 dan ke-3: Aku bersama rombongan yang sama,12-orang peserta dan guide lokal yang sama pula.

#GILI LAWA

Gili Lawa adalah sebuah pulau. Pulau yang hampir terlihat seperti padang pasir karena hampir seluruhnya ditutupi rumput. Gili Lawa terkenal tenang dan terlindungi dari arus dan ombak, maka itu Gili Lawa selalu dijadikan tempat kapal bersandar dan bermalam di dalam kapal, begitu kata Abang Eman pemandu setia kami.

Selain itu, pulau Gili Lawa merupakan tempat terbesar di Pulau Komodo, untuk bisa menyaksikan matahari terbit.


Karena paginya program kami akan trekking ke puncak Gili Lawa untuk dapat menikmati keindahan matahari terbit, maka kami bermalam di sekitar Gili Lawa.

Sudah dua malam bermalam di kapal, kami rombongan semakin hari semakin akrab. Malam hari kami mencari kegiatan permainan “double stone”, yang permainan ini membuat suasana semakin harmonis.

Bagi yang mau masak mie instant, dapur yang ada di dalam kapal, sesekali boleh kami pakai.

Kembali ke cerita tentang Pulau Gili Lawa. Di Pulau Gili Lawa terdapat 2 puncak, yaitu puncak short-trek dan puncak long-trek. Begitu pemandu kami menjelaskan. Kilauan matahari terbit tentu saja lebih mengagumkan apabila dilihat jika berada di atas puncak long-trek. Untuk menuju ke atas puncak long-trek akan memakan waktu lebih kuran 1 jaman. Sedangkan menuju puncak short-trek akan memakan waktu lebih kurang 30 menitan.

Ingat, pukul 5 pagi harus sudah berangkat menuju ke puncak, kalau mau menyaksikan terbitnya matahari. Disarankan mengenakan sepatu yang nyaman kalau mau treking.

#PULAU TAKA MAKASSAR

Pagi-pagi setelah sarapan kapal kami pun meninggalakan Pulau Gili Lawa menuju Pulau Taka Makassar, yang memakan waktu lebih kurang 45 menitan. Di dekat Pulau Taka Makassar ini ada satu tempat namanaya Manta Point. Manta Point adalah tempat yang ideal buat para penyelem dan snorkeler. Dimana mereka bisa bertatap muka dengan ikan pari manta. Manta adalah makhluk laut besar yang kabarnya bisa tumbuh hingga 4 meter. Untungnya, hewan ini dikenal dengan hewan laut yang tidak membahayakan.

Bagi yang ingin berpetulang di dalam laut, akan dipisah. Mereka akan melanjutkan perjalanan mereka ke Manta Point, melihat ikan pari manta.

Dan bagi yang takut berenang di dalam laut seperti aku, aku enggak ikut ke Manta Point tapi aku ikut rombongan yang ke Pulau Taka Makassar.

Begitu tiba di Pulau Taka Makassar, kami beberapa dari rombongan ngadai group-pic. Seru habijt! 😉

Warna Tosca adalah warna air laut di Pulau Takamakssar. Pulau ini sangat kecil seperti kolam renang. Pulau memiliki warna pasir yang sangat putih, halus, dan airnya dangkal pula. Alasan ini, banyak wisatawan yang datang.

Di pulau ini ada banyak jasa taxi (kapal kecil bermotor). Dengan biaya Rp. 10.000 taxi bisa membawa penumpang ke pulau kecil ini. Dari tempat kapal bersandar menuju Pulau Taka Makassar akan memakan waktu lebih kurang 5 menitan dengan taxi. Namun, karena airnya dangkal sekitar selutut, tidak sedikit wisatawan yang hanya jalan kaki atau berenang menuju ke Pulau Taka Makassar.

Dan bagi yang gemar berenang atau main-main air, bisa snorkeling di sekitar kapal. Jaket pelampung dan peralatan laut sudah tersedia. Dimana fasilitas ini di sediakan untuk para penumpang kapal.

Sudah puas bergumul dengan pasir di pantai Pulau Taka Makassar — badan berlumuran pasir. Langsung kami mandi dengan air tawar yang juga sudah disedikan di dalam kapal.


#PULAU KANAWA

Pulau Kanawa, pulau tropis nan indah. Pulau yang dikelilingi pasir putih dan terumbu karang. Kebetulan kami hanya singgah sebentar disini, maka aku tidak bisa banyak cerita tentang tempat wisata ini.

Terikmatahari akan membakar kulitmu. Maka jangan lupa selalu melumuri sunblock sebelum berjemur di vantai.

Yang pasti, bagi pecinta laut, Pulau Kanawa bak surgawi. Disana juga tersedia resort yang disuguhi pemandangan aduhai.

Beginilah kisah perjalanan “Sekali Mendayung Tiga Pulau Terlewati, yaitu Pulau Gili Lawa, Pulau Kanawa dan Pulau Taka Makassar. Ketiga pulau-pulau ini kami lalui pada hari ke-2 dan hari ke-3 di kepulauan Flores.

Foto dibawah ini bersama crew kapal selama dalam perjalanan di kepulauan Flores.

Semoga bermanfaat!

Jika ingin menjelajahi trip di kepulauan Flores, siapa tau nomor telefon Abang Emanuelle Bey berguna. Coba hubungi nomor beliau di +62(0)82175703678.

Elly Prachtig

Ellyprachtig.blog

Sumber: Berdasarkan informasi dari lokal guide Abang Eman.

Iklan

11 replies »

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s