Gelderland

Pasar Keju Di Belanda


Ellyprachtig.blog – Nijkerk, sebuah kota terletak di propinsi Gelderland, Belanda. Kata Nijkerk berasal dari Bahasa Belanda, berarti Nieuw Kerk atau Gereja Baru.

anijFEATURED

Nama Nijkerk, muncul sejak terbakarnya sebuah Gereja tua, bangunan tahun 1421. Karena seringnya penggantian gereja baru, dan di ganti lagi “gereja baru” pada abad 18, sehingga dikeluarkanlah nama Nijkerk untuk kota ini.

Well, yang akan aku ceritakan bukanlah mengenai sejarah dari kota ini, namun mengenai jalan-jalanku ke kota Nijkerk.

Beberapa rumah penduduk yang aku foto, karena model bangunan rumahnya khas Belanda.

 

Minggu lalu, aku menerima telefon dari salah satu Agen Perikrutan Kerja. Mereka mengundangku untuk interview kerja. Setelah interview selesai, aku mengobservasi, ada apa sebenarnya di dalam pusat kota Nijkerk. Pas, aku liat ada pasar tradisional, aku mampir ke pasar sambil ambil foto keadaan pasar. Kemudian aku singgah ke sebuah cafe, ngopi sebentar.

Pedagang keju, sangat cocok untuk liputanku hari ini.

#KEJU

Keju adalah produk makanan yang terbuat dari susu binatang. Ada ratusan jenis keju yang diproduksi di seluruh dunia. Namun pengolahan keju pada dasarnya memiliki cara yang sama.

Sekilas tentang makanan sehari-hari di Belanda. Di Belanda sarapan paginya biasa makan roti di isi keju. Makan siang makan roti lagi di isi keju yang dibarengi semangkok sup. Dan makan malam, lagi-lagi keju yang sudah disediakan diatas meja.

Hati-hati loh, ada lelucon lucu yang orang Belanda sering lontarkan untuk pendatang baru, “Een kaaskop atau si Kepala Keju”. Jika kamu sukses beradaptasi dengan kebudayaan mereka, kamu akan di panggil “Een kaaskop”. ^-^

Well, keju di negeri ini layaknya seperti kita di Indonesia, pagi siang malam kita makan nasi dan Belanda makanannya keju.

“Semakin tua umur keju, semakin enak rasanya”, begitu yang sering aku dengar. Tiap daerah-daerah di Belanda memiliki teknik pembuatan keju yang berbeda-beda. Tentu rasa keju juga beda, uniknya, punya rasa khas masing-masing pula.

Keju asal Belanda, seperti Edam, Friesekaas, Friesian, Gouda dsb adalah salah satu keju yang punya nama di Belanda.

Ada pasar penjualan keju di kota-kota seperti Alkmaar, Gouda, Edam, Hoorn, dan Woerden. Kalau traveler ke kota-kota tersebut jangan lupa singgah ke pasar penjualan keju. Keju-kejunya  punya rasa dan bentuk yang berbeda-beda, truly khas Belanda!!

Beberapa teman memintaku untuk membawakan mereka oleh-oleh keju. Tanpa khawatir akan kualitas rasa, dengan senang hati aku memperkenalkan keju Belanda dengan mereka.

Teknis pembungkus keju sangat aman. Sehingga rasa dan tekstur keju tidak berubah, meskipun keju berada dalam pesawat terbang lebih dari 20 jam. Yang paling penting, tetap ikuti peraturan si Penjual keju. Maksudnya, keju tetap simpan di dalam lemari es, dan keju tetap berada di dalam kantong keju asli, selalu di tutup rapat, dan tidak memindahkan keju ke kantong plastik lain. Kalau instruksi ini diikuti, keju akan bertahan lama dan rasa tidak berubah.

Si Pedagang yang menjual selimut bantal seprei dll. Menarik untuk di foto. 😉

Begitulah sekilas ceritaku jalan-jalan ke kota Nijkerk kemaren.

Iklan

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s