TRADISI HIDUP DI BELANDA

Lebih Baik Beli Sepeda Bobrok – Ayo Bersepedaan Di Belanda


Ellyprachtig.blog – Maraknya transportasi sepeda dayung yang di gunakan oleh masyarakat Belanda. Enggak perduli apa jabatan dan posisi orang tersebut, semua bersepeda.

Ramainya seperti apa sih para pesepeda dayung di Belanda? Perbandingannya, lebih kurang bagaikan para pesepeda motor di Indonesia. Sudah bisa di bayangkan bukan? Betapa ramainya warga yang bersepeda di Negeri Kincir Angin ini.

Maling sepeda terjadi setiap saat. Makanya lebih bagus beli sepeda bobrok, jadi kalau di malingingi enggak histeris, paling ngutuk saja terhadap si Maling.

Nah, minggu lalu aku jalan-jalan ke kota Utrecht, kebetulan cuaca bagus. Aku jeprat-jepret pake kamera hape, berniat utk liputan OV-Fiets atau penyewaan sepeda.

OV-Fiets adalah system penyewaan sepeda di Belanda. Tiang-tiang OV-Fiets tersedia di lebih dari 300 lokasi, di antaranya di setiap stasiun kereta api, stasiun bus, stasiun Metro, bahkan di pusat-pusat kota.

Ada keringangan bagi pelanggan OV-Fiets agar bisa menyewa sepeda dengan harga murah, cuma €3,85 untuk 24 jam. Selain itu, ada pembebanan lagi, yaitu biaya langgananan tahunan. Enggak mahal kok. Jika ingin tau lebih lanjut tentang OV-Fiets, coba klik di situs resminya NS OV-Fiets. Di dalam situs tersedia Bahasa Inggris yang dapat membantu pertanyaan traveler.

Konsep salah satu diadakannya OV-Fiets ini mempermudah warga. Begitu penumpang turun dari kereta api, pesepeda tinggal ndayung sepedanya, cus berangkat  dari stasiun kereta api menuju tempat kerja. Enggak PAKE macet!

Di setiap kota tersedia satu ruang khusus tempat parkir sepeda. Parkir sepeda untuk umum ini di kelolah oleh satu instansi milik pemerintah Gemeente Belanda. Bagi mereka yang memiliki sepeda bagus, dan berniat ke luar kota, biasanya mereka memarkirkan sepedanya di ruang Parkir Sepeda. Cara ini paling aman, sepeda tidak akan di malingi, karena di dalam ruangan tergantung sensor keamanan kamera dimana-mana.

Bagi para traveler yang ingin menyewa sepeda. Ide yang sangat brilliant! Kalau musim panas sekitar bulan Juni s/d September, matahari berlimpah. Untuk bulan ini, bersepeda sangat asik. Hayoooo tunggu apa lagi. Bersepedalah, selain badan sehat, juga tidak menguras isi kantong.

Oia, travler bukan pelanggan OV-Fiets? Nah, untuk kasus ini, di setiap kota-kota besar di Belanda menyediakan banyak toko-toko yang menyediakan sewa sepeda. Di dalam stasiun ada counter Informasi, mereka akan membantu pertanyaan traveler dengan senang hati dalam hal penyewaan sepeda. ;-). Intinya, bagi traveler yang enggak punya kartu OV-Fiets, tidak di persluit. Penyewaan sepeda bertebaran dimana-mana. Apalagi di kota-kota besar.  Alternatif lain, coba cek situs ini sewa sepeda di Beland. Traveler bisa buking online sebelumnya disini.

Semoga tips di atas bermanfaat.

 

EP Travel Note

Ellyprachtig.blog

Sumber: Foto pribadi

 

Iklan

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s