Utrecht

Kota Pelajar Dan Gereja Tua Di Kota Utrecht


Utrecht punya julukan kota pelajar, Yogyakarta kalau di Indonesia. Jika traveller berkunjung ke kota Utrecht, pastikan singgah ke Domplein. Disini traveller akan melihat ikon terpenting dari kota ini. Yang salah satunya Domkerk, Domtorn, juga kampus favorit untuk fakultas Hukum, yaitu Utrecht University.

Daerah ini sangatlah populer. Tempat yang enggak pernah sepi. Enggak kenal malam, enggak kenal siang. Selalu ramai. Ramai akan para pelajar, juga ramai akan berbagai jenis wisatawan. Kota yang sangat Internasional.

Di alun-alun Domplein, berdiri sebuah katedral yang biasa di sebut dengan Domkerk. Domkerk sudah berdiri di pusat kota Utrecht, Belanda sejak berabad-abad.

Sekilas sejarah tentang Domkerk. Dahulunya, Domkerk adalah sebuah perguruan tinggi yang di kelola oleh seorang pastor kaya raya.

Singkat cerita, Domkerk mengalami banyak kejadian bencana, salah satunya bencana Tornado di tahun 1674. Belum lagi bencana kebakaran pada tahun 1253. Sehingga mengalami kehancuran berat, yang membutuhkan renovasi sangat lama. Namun demikian, banyak juga bagian-bagian gereja yang terlihat masih utuh.

Domkerk adalah gereja tua yang sangat di lestarikan. Banyak warga dan wisatawan yang datang berdoa kemari. Gereja di buka untuk umum pada setiap harinya. Namun, jam buka bervariasi. Untuk informasi lebih lanjut, bisa cek di situs domkerk.

Oia, masuk kemari tidak di pungut biaya apapun. Alias gratis!

Selain keindahan taman yang ada di belakang Domkerk, di dalam juga terdapat beberapa toko kecil yang menjual suvenir dan buku-buku yang mengandung informasi tentang Domkerk. Buku-buku disediakan dalam berbagai Bahasa, salah satunya Bahasa Inggris. Aku membeli 1 buku, karena isi akan aku jadikan bahan cerita tulisanku.

Di tengah alun-alun Domplein, tepatnya di depan Domkerk, berdiri sebuah patung Graaf Jan Van Nassau. Beliau adalah salah satu orang yang menang dalam masa pemilihan untuk kota Utrecht pada tahun 1267-1290. Di samping itu, beliau juga telah banyak mengeluarkan biaya untuk pembangunan Domkerk. Sebagai sejarah, berdirilah patung beliau dengan gagah, di alun-alun Domplein.

Tepat di belakang patung Graaf Jan Van Nassau, adalah salah satu kampus terkenal di jagad raya, yaitu Utrecht University. Kampus ini adalah salah satu kampus terbesar untuk Eropa, di dirikan pada tahun 1636. Bagi mahasiswa Indonesia yang ingin mengambil jurusan fakultas Hukum, ini dia gedungnya.

Lagi-lagi mengenai jadwal angkutan umum. Kota Utrecht adalah kota besar nomor tiga di Belanda. So, jangan khawatir masalah angkutan umum. Klik jadwal angkutan umum sehari-hari di belanda, untuk informasi transportasi.

Semoga informasi di atas bermanfaat. Jika masih ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar pada forum di bawah ini.

 

Salam manis,
EP Your Tour Leader

 

Sumber: dikutip dari brosur domkerk dan top school.

 

 

 

 

Iklan

1 reply »

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s