Mengunjungi 10 Tempat Wisata Dari Belanda Ke Milan Sampai Switzerland, Dalam 8 Hari

Pengalaman ini aku tulis berdasarkan pengalaman perjalanan lewat grup rombongan yang aku ikuti pada tahun 2014. Tur “single” bermakna, semua rombongan yang ada di dalam tur ini adalah single, tanpa pasangan.
Maka disebut dengan singlereis dalam bahasa Belandanya. Rombongan yang di selenggarakan oleh sebuah Travel Agent lokal, dari Belanda.

Itinerary liburan-single ini berdasarkan rute keberangkatan dari Belanda, yang isinya sebagai berikut:

#1  Nginap di hotel Oberharmersbach, German.

Gedung hotel pada foto diatas sengaja aku ambil, karena khas Eropanya yang kental. Hotelnya juga bersih. Seperti biasa kalau ikut rombongan tur, sarapan pagi dan makan malam sudah termasuk. Namun, penilaianku makanan di hotel ini tidak wah. Maksudku rasa makanannya, gak ada yang bisa direkomendasikan. Tapi pemandangan disekitar hotel, memang aku akui, WOW. Untuk melihat koleksi foto-foto dari pemandangan Oberharmersbach klik di Facebook  2014-Oberharmersback, Germany.

#2  Dari German ke Italy, melalui The Gotthard-Pass Switzerland

Pagi setelah sarapan pagi, kami berangkat melanjutkan perjalanan ke Italy. Tentu saja, bapak Supir sekaligus pemandu wisata kami, berhenti pada setiap tempat wisata, memberikan waktu pada kami untuk berfoto ataupun istirahat sambil minum kopi di restoran selama dalam perjalanan.

Nah, foto diatas di Gotthard-pass. Kami melewati gunung di pegunungan Alpen, yang menghubungkan Utara dan Selatan Swiss. Aku berdiri pada ketinggian 2,106 meter dari permukaan laut. Sepanjang jalan pemandangan Gotthard-pass yang terlihat hanyalah keindahan alam yang Subhanallah… . Tidak ada kata lain selain WOW.  Untuk melihat koleksi foto-foto dari pemandangan Gotthard-Pass klik di Facebook  2014-Grote Pass, Switzerland.

#3  Berhenti di perkebunan anggur Somma Lombardo, Italy.

Melanjutkan lagi perjalanan ke Somma Lobardo, di Italy.

Kami di bawa ke perkebunan anggur. Kedatangan kami di sambut ramah oleh pemilik kebun. Aku melihat, berbagai rasa minuman anggur telah tersusun rapi diatas meja, lengkap dengan gelas kosong dan makanan ringan. Kami dipersilahkan mencicipi minuman anggur sebanyak kami mau, oleh pemilik kebun. Karena aku tidak begitu suka minuman anggur, jadi aku hanya mencicipi sedikit saja. Selebihnya aku minum soft-drink dan makanan ringannya.

Di samping itu, pemilik perkebunan juga menyediakan beberapa botol anggur untuk dijual. Ini di peruntukkan bagi yang ingin membawa minuman anggur pulang ke rumah sebagai oleh-oleh. Untuk melihat koleksi foto-foto dari pemandangan Somma Lombardo, klik di Facebook  2014-Somma Lombardo, Italy.

#4  Berkunjung ke kota Milan dan Kastil Sforzesco, Italy.

Siapa yang enggak kenal Milan? Kota Milan adalah Ibukota Italy, juga kota terbesar nomor dua di negara ini. Kota mode atau fashion, banyak orang menyebutnya. Pengusaha yang datang dari berbagai negara, mengunjungi kota ini untuk urusan bisnis. Layaknya semua orang sudah tahu tentang hal ini.

Disamping “kota mode”, kota ini mengumpulkan banyak sekali gedung-gedung bersejarah, seperti gereja-gereja tua, kastil, galleri dan lain sebagainya.

Katedral Milan atau Gedung Gereja Katholik, yang terletak di jantung kota Milan, Italy. Gereja tua ini sebelumnya di duduki oleh seorang uskup agung Santa Maria Nascente, asal Milan.

Katedral Milan, yang desainnya di rancang ala Gothic ini memakan waktu sampai 6 abad hingga bangunan selesai. Bahkan, sewaktu aku berkunjung kesini di tahun 2014, mereka masih saja sibuk dengan perbaikan ataupun merenovasi.

Salah satu objek wisata yang kami kunjungi adalah Katedral Milan. Tiket masuk ke dalam Katedral ini tidak termasuk dalam paket tur. Jadi kalau mau masuk, tiketnya harus bayar sendiri. Untuk melihat koleksi foto-foto dari Katedral Milan, klik di . Facebook 2014-Milan, Italy.

Kemudian, setelah berkunjung ke Katedral Milan, kami berkunjung ke Kastil Sforzesco.

Kastil Sforzesco yang terletak di Milan bagian Utara. Dan kastil ini berada di alun-alun Benteng Sforzesco. Benteng yang konon di bangun oleh seorang adipati atau seorang raja asal Milan, Francesco Sforza pada abad 15.

Sebelumnya, Benteng Sforzesco hanyalah tinggal reruntuhan, yang kemudian di renovasi dan di perbaharui. Total durasi pembangunan benteng dan pembangunan Kastil Sforzesco, yang akhirnya benar-benar selesai pada abad 16-17.  Benteng ini merupakan salah satu benteng terbesar di Eropa. Untuk melihat koleksi foto-foto dari Kastil Sforzesco, klik di Facebook 2014-Sforzesco Castle Milan Italy.

#5  Lago Maggiore, Tresa, pulau Isola Bella, kemudian berkunjung ke Istana Borromeo, Italy.

Melanjutkan perjalanan ke Lago Maggiore. Lago Maggiore adalah nama suatu tempat di Italy. Kami berhenti di suatu tempat namanya Tresa. Lihat koleksi foto-foto di Tresa , klik di Facebook 2014-Tresa,  Italy. Di Tresa inilah tempat aku merenung sambil mengagungkan keindahan alam Lago Maggiore atau Danau Maggiore. Untuk melihat koleksi foto-foto dari Danau Maggiore, klik di  Facebook 2014-Lago Maggiore,  Italy.

Lalu, pemandu wisata membawa kami ke salah satu pulau namanya pulau Isola Bella. Dari Stresa kami naik boat menuju pulau Isola Bella, yang memakan waktu tidak sampai 20 menit. Lihat koleksi foto-foto di Isola Bella , klik di  Facebook 2014-Isola Bella Island,  Italy.

Di pulau Isola Bella berdiri sebuah istana megah, yang pemiliknya adalah keluarga bangsawan Borromeo. Istana megah di bangun pada abad ke-17. Istana megah ini, dikelilingi taman indah degan tataan rapi. Istana terletak di pulau Isola Bella, yang pulau ini terletak di tengah-tengah danau Maggiore atau Lago Maggiore dalam bahasa Italy. Untuk melihat koleksi foto-foto Istana Borromeo, klik di Facebook 2014-Comomore,  Italy.

#6  Comomore, melihat keindahan Danau Como dan Katedral Como, Italy

Como adalah salah satu nama kota di Italy. Di kota ini terdapat sebuah danau, yang namanya Danau Como. Kedalaman Danau Como diperkirakan 410 meter. Danau terdalam di Eropa.

Selain itu, kota Como juga menyediakan sebuah bangunan gereja bersejarah milik umat Katholik. Gereja megah yang biasa disebut Katedral Como. Untuk melihat koleksi foto-foto Comomore, klik di Facebook 2014-Comomore,  Italy.

#7  Danau Lugano, Switzerland

Kota Lugano terletak di Switzerland. Kota pariwisata yang memperkenalkan banyak atraksi menarik juga tempat-tempat indah bagi para wisatawan. Di dalam kota ini, dipenuhi dengan banyaknya bangunan-bangunan eksotis, khas Italy.

Setiba kami di kota Lugano, pemandu wisata memberikan acara bebas. Aku berjalan-jalan di sepanjang bulevard. Ini pertama kali aku jalan-jalan ke Switzerland. Insya allah, kalau ada langkah dan rezeki aku akan kembali lagi ke kota ini. Kota ini, nyenengi buat aku.Untuk melihat koleksi foto-foto tentang Danau Lugano, klik di Facebook 2014-Lugano,  Switzerland.

Kota Lucerne, adalah kota yang terletak di Switzerland bagian pusat Utara. Kota ini juga salah satu objek wisata yang termasuk dalam paket tur kami. Intinya, aku jatuh cinta dengan kota-kota yang ada di Switzerland. Untuk melihat koleksi foto-foto tentang kota Lucerne, klik di Facebook 2014-Lucerne,  Switzerland.

#8  Dari Switzerland Kembali Ke Belanda

Hari ke-8 adalah hari terakhir. Dari Switzerland kembali ke Belanda, dengan mengendarai bus dan pak supir yang sama.

Beginilah itineraray tur yang aku ikuti. Semoga deskripsi singkat diatas bermanfaat. Jika ada unek-unek yang ingin disampaikan, silahkan tinggalkan feedback pada kolom komentar dibawah ini.

“Sharing is caring! Komentar kamu akan bermanfaat buat traveller lainnya”.

Salam manis,

EP Your Tour Leader
Sumber: deskripsi dari itinerary Peterlanghoutreizen.