TRAVEL TIPS

Mengunjungi 13 Tempat Wisata Menarik Dalam 8 Hari Di Maroko


Negara mayoritas muslim yang memiliki bahasa resmi yaitu Bahasa Arab dan Barber. Namun, Bahasa Arab Maroko (Darija) dan Bahasa Prancis juga banyak digunakan sebagai bahasa sehari-hari di negara ini.

Casablanca adalah kota terbesar di Maroko, Rabat adalah ibukotanya. Menurut daftar negara kepadatan penduduk tahun 2016, negara ini memiliki sekitar 34,817,065 jiwa.

Secara geografis negara ini memiliki wilayah yang sebagian besar terdiri dari gurun dan pegunungan yang terjal. Ia merupakan salah satu dari hanya tiga negara yaitu Spanyol dan Perancis. Negara ini merupakan salah satu negara di Benua Afrika yang memiliki tingkat ekonomi serta keamanan cukup baik dan sangat aman untuk dikunjungi.

Kelebihan berkunjung ke tempat wisata di Maroko adalah, tidak diperlukan pengajuan Visa bagi Warga Negara Indonesia (WNA), dengan jangka waktu hingga tiga bulan.

Mengenai iklim dan suhu udara di musim semi sangatlah menyenangkan. Secara umum, Maroko dianugerahi dengan limpahan sinar matahari yang sangat nyaman dalam sebagian besar waktu dalam setahunnya.

Dan mata uang yang dipakai di Maroko adalah Dirham Uni Emirat Arab (AED). Apakah traveller mau tukar mata uang IDR ke AED? Coba lakukan koversinya disini.

Singkat cerita, seperti yang sudah aku janjikan sebelumnya di Tentang EP Your Tour Leader, ingin membagi seputar tempat wisata yang pernah aku kunjungi.

Aku pernah mengikuti tur ke Maroko, selamat 8 hari, dipandu oleh pemandu wisata lokal dari sebuah Travel Agent Peterlanghout, agent ternama di Belanda.

Berkunjung ke 13 tempat wisata terkenal Dalam 8 hari di Maroko. Yuk simak di bawah ini:

#1  MARRAKECH
Pegunungan Atlas di Marrakech

Pegunungan Atlas adalah barisan pegunungan di Afrika barat laut, melalui Maroko, Aljazair dan Tunisia.

Perjalanan tur dari Hari 1 sampai dengan Hari 8, kami melewati Pegunungan Atlas ini, tapi enggak ikut acara naik gunung. Di sepanjang jalan daerah pegunungan Atlas terdapat pekerja yang membawa keledai, di promosikan buat wisatawan. Dengan membayar 50 Dirham (AED) traveller bisa naik keledai, berkeliling disekitar, selama 15-20 menit.  Untuk lihat koleksi foto, silakan klik di Facebook 2015-Atlas Mountains, Morocco.

Kasabah Omar di Marrakech

Keaslian desa Berber yang terletak sekitar 40 menit dari Marrakech, Maroko. Di atasa puncak Kasabah Omar dapat melihat pemandangan indah lembah Ourika . Untuk lihat koleksi foto, silakan klik di Facebook 2015-Kasabah Omar, Morocco.

#2   KOUTOUBIA DI MARRAKECH

Mesjid Koutoubia merupakan mesjid pertama dan terbesar di Marrakech, Maroko. Yang dibangun antara tahun 1147-1154; bangunan mesjid benar-benar selesai pada tahun 1157. Mesjid terletak di sepertiga Mediana di kota Marrakech. Mesjid ini dihiasi dengan jendela melengkung dilapisi dengan keramik. Dan dikelilingi oleh taman yang luas; diterangi oleh lampu-lampu pada malam hari. Menara Mesjid Koutoubia memiliki tinggi 77 meter.

Aku sempatkan melakukan ibadah Zuhur di Mesjid Koutoubia ini. Yang aku agak heran sedikit, tidak satu pun jemaah aku lihat mengenakan mukenah/telekung. Kebanyakan dari mereka saat beribadah hanya mengenakan baju longres panjang dan kepala yang di jilbabi.  Untuk lihat koleksi foto, silakan klik di Facebook 2015-Koutoubia, Morocco.

#3   SAADIANS TOMBS DI MARRAKECH, MAROKO

Makam Saadians ditemukan pada tahun 1917. Prasasti terbuat dari plesteran kayu cedar halus. Dan monumen terbuat dari marmer Italia Carrara. Makam ini memiliki keindahan dekorasi, yang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung Marrakech.

Di dalam Makam Sadiaans terdapat sekitar enam puluh anggota Dinasti Saadi yang berasal dari lembah Sungai Draa. Di salah satu ruangan berisi makam anaak-anak sultan, Ahamad Al-Mansur. Untuk lihat koleksi foto, silakan klik di  Facebook 2015-Saadians Tombs, Morocco.

#4  FEZ DI MAROKO

Medina di Fez

Terdapat banyak tempat-tempat wisata di Fez, salah satunya adalah:

Fez adalah sebuah kota tua atau Old Medina. Fez terletak di tanah Barber antara pegunungan Atlas dan Gurun Sahara bagian Barat. Disini terlihat banyak warga yang mengenai sorban atau tutup kepala tradisional, yang menurut pemandu wisata kami, bahwa dengan mengenakan demikian, kulit wajah akan terlindungi dari teriknya matahari yang sangat kuat. Untuk lihat koleksi foto, silakan klik di Facebook 2015-Medina, Morocco.

Di kota ini traveller akan menemukan banyaknya keledai berjalan dengan memanggul karung-karung besar. Untuk lihat koleksi foto, silakan klik di  Facebook 2015-FEZ, Morocco.

Tenneries di Fez

Di Fez juga ada tempat wisata, namanya Tenneries, tempat untuk penyamakan kulit binatang. Bahan kulit yang akan dijadikan produk seperti tas tangan kulit, jaket kulit, sepatu kulit dll. Bahan kulit asal Maroko terkenal sudah sampai ke seluruh dunia. Teknik ini ada sejak abad pertengahan, hingga kini masih di pakai.

Menurut pemandu wisata, sebelum kulit di warnai, kulit terlebih dulu di rendam dalam campuran urin sapi, kapur, air dan garam.

Sebelum masuk ke tempat wisata, Traveller akan diberi daun mint segar oleh penjaga, daun ini di tempelkan di bawah hidung, guna mengurangi bau amis kulit-kulit binatang tersebut. Di koleksi foto Facebook 2015-Terrasse De Tannerie traveller akan melihat para pekerja berjalan sempit di tengah-tengah tong besar, atau masuk ke dalam tong pencelupan warna (untuk mewarnai kulit).

Royal Palace di Fez, Maroko.

Istana kerajaan Maroko di Fez. Tidak di buka untuk umum. Hanya bisa mengambil foto di halaman istana saja. Untuk lihat koleksi foto, silakan klik di  Facebook 2015-Royal Palace, Morocco.

Mosque de Andalous di Fez

Masjid Andalous di bangun pada tahun 859-860 pada masa pemerintahan Dinasti Idrssides oleh seorang wanita bernama Mariyam el Fihriya, adik dari Fatima al-Fihri, pendiri Masjid El-Qaraouiyyin, mesjid besar bersejrah di Fez. Untuk lihat koleksi foto, silakan klik di Facebook 2015-Mosque des Andalous, Morocco.

Bou Inania Mardrasa di Fez

Madrasa Bou Inania adalah madrasah di Fes, Maroko. Madrasa didirikan pada tahun 1351-1356 oleh Abu Inan Farris.

Nama Bou Inania berasal dari bagian pertama dari nama sultan Abou Inan. Madrasah masih berfungsi sebagai lembaga pendidikan, juga masjid buat jemaah. Untuk lihat koleksi foto, silakan klik di Facebook 2015-Bou Inania Madrasa, Morocco.

#5  MAUSOLEUM MOHAMMED V DI RABAT, MAROKO

Makam Mohammed adalah sebuah bangunan bersejarah yang terletak di Rabat, Maroko. Di dalam makam berisi Raja Maroko beserta kedua putranya almarhum Raja Hassan II (wafat pada tahun 1999) dan Pangeran Abdallah. Bangunan siluet putih dengan atap ubin warna hijau khas Islam ini, persis selesainya pada tahun 1971. Di dalam gedung tersedia tempat untuk pembaca Al’Quran. Untuk lihat koleksi foto, silakan klik di  Facebook 2015-Mausoleum Muhammed V, Morocco.

#6  VOLUBILIS DI MEKNES, MAROKO

Meknes adalah salah satu dari empat kota Imperial Maroko. Kota Meknes yang di anggap ibukota kuno, terdapat banyak kerajaan yang berdiam dikota ini.

Disini terdapat tempat wisata Volubilis. Yang pada abad ke-1 Volubilis dikuasi oleh kekuasaan Romawi, kemudian jatuh ditangan suku-suku lokal. Karena keterpencilan, entah kenapa tidak mungkinan diperebutkan kembali oleh Kekaisaran Romawi.

Akibat gempa bumi, pada pertengahan abad ke-18 tempat ini di jarah oleh penguasa Maroko mencari batu untuk membangun Meksnes. Hingga kini reruntuhan masih terlihat, dan menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata bersejarah yang harus diawetkan. Reruntuhan bersejarah ini masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia (UNESCO).  Untuk lihat koleksi foto, silakan klik di Facebook 2015-Meknes, Morocco.

#7  OUDAYA GARDEN DI RABAT, MAROKO

Oudaya Garden yang juga dikenal Udayas Kasbah, terletak di mulut sungai Bou Regreg. Rumah-rumah bercat biru-putih yang menjadi situs unik. Keunikan ini menjadikan fitur yang membanggakan bagi Rabat.

Untuk mempertahankan wilayahnya, benteng yang kuat didirikan di tepi sungai Bou Regreg. Hal ini guna melindungi kota dari kapal bajak laut dan pasukan yang menyerang. Bangunan dibangun pada abad ke-12 ; direnovasi berkali-kali sejak berabad-abad.

Ada terdapat banyak suku Arab, imigran dan beberapa Sultan Maroko yang berdiam di daerah ini. Untuk lihat koleksi foto, silakan klik di Facebook 2015-Oudaya Garden, Morocco.

#8  HASAN II MOSQUE DI CASSABLANCA, MAROKO

Hasan II Mosque adalah sebuah masjid di Casablanca. Masjid ini adalah mesjid terbesar di Maroko. Dan masjid terbesar nomor 13 di dunia. Tinggi menara mesjid mencapai 210 meter, dianggap menara tertinggi di dunia. Masjid berdiri di sebuah tanjung yang dapat melihat ke luar keindahan laut Samudra Atlantik. Tataan cahaya menara sengaja di arahkan ke Mekah. Ini adalah hasil rancangan dari seorang arsitek bernama Michel Pinseau, yang bangunan mesjid selesai secara seutuhnya pada tahun 1993.

Kapasitas maksimum dapat menampung 105.000 jamaah. Yang 25.000 jamaah bisa sembahyang di dalam ruangan, sedangkan yang 80.000 jamaah bisa sembahyang di luar teras masjid. Untuk lihat koleksi foto, silakan klik di Facebook 2015-Hasan II Mosque Casablanca, Morocco.

Semoga bermanfaat!

 

EP Travel Note

Ellyprachtig.blog

Sumber: Foto ribadii

 

Iklan

2 replies »

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s