Sepatu Klompen Di Negeri Kincir Angin – Zaanse Schans


Zaanse Schaans adalah tempat wisata yang memiliki koleksi bersejarah, seperti rumah adat Belanda beserta kincir anginnya. Koleksi-koleksi sengaja disimpan dan dirawat dengan baik. 

Tadinya, koleksi rumah-rumah bersejarah ini berada di suatu daerah Zaanstreek, lingkungan industri tertua di Belanda. Yang kemudian pada tahun 1961 semua rumah-rumah bersejarah yang ada di Zaanstreek di pindahkan ke Zaanse Schaans, ini diangkut oleh alat angkut spesial kendaraan berat atau lowboy.

Dan pada tahun 1974 Museum Zaans didirikan. Letak museum berada dekat pintu keluar obyek wisata Zaanse Schaans, di Belanda bagian Utara.

Kincir angin dan sepatu kelompen adalah ikon dari Negara Belanda, dimata wisatawan luar. Kenyataannya, tidak sedikit orang Belanda yang menganggap ini lucu. Aneh, kenapa kincir angin dan sepatu kelompen dianggap spesial bagi wisatawan luar, begitu anggapan dari sebagian mereka. 😉

Obyek wisata ini memang sangat patut dikunjungi. Ramai wisatawan dari mancanegara yang datang kemari. Terutama wisatawan asal Korea dan Jepang. Menurut indeks, kalau wisatawan yang datang kemari mencapai 1,6 juta di tahun 2014.

Jarak tempuh ke Zaanse Schaans aku selalu ambil dari kota Utrecht sebagai patokan. Nah, dari kota Utrecht ke Zaanse Schans memakan waktu lebih kurang 1 jam, dengan kendaraan pribadi.

Lihat di  jadwal angkutan umum di Belanda kalau tidak mau naik kendaraan pribadi.

Didalam Zaanse Schaans ada toko yang mejual banyak sepatu klompen, dengan motif bunga yang bervariasi. Dan mereka juga mengadakan pertunjukan bagaimana mereka membuat sepatu kelompen dari kayu.

Selama masa pertunjukan kami di berikan keterangan tentang bagaiaman proses pembuatan sepatu kayu atau klompen ini.

Bahasa yang digunakan selama pertunjukan dipakai bahasa Inggris, bahasa Mandarin dan bahasa Belanda. Wisatawan dapat memilih tempat duduk sesuai dengan bahasa yang mereka fahami. Disini VLOG Zaanse Schaans.

Tampak sepatu kelompen dengan berbagai jenis motif bunga yang berwarna-warni. Unik dan lucu. Sepatu klompen yang di desain ala pot bunga. Pot bunga sepatu klompen yang di gantung di dinding.

Pot bunga sepatu klompen dengan warna yang beragam, profil yang beragam dan ukuran yang beragam pula.

Nah, ini gambar dari rumah bersejarah khas Belanda. Isi rumah dijadikan toko penjualan suvenir.

Ada juga beberapa rumah kincir angin yang dihuni oleh sebuah  keluarga. Aku jadi terbayang di pulau Samosir, warga suku Batak yang masih tinggal di rumah bolon. Untuk melihat lebih koleksi foto-foto tentang Zaanse Schaans, coba klik di Facebook 2014-Zaanse Schans, the NL.

Semoga cerita diatas bermanfaat. Apabila ada pertanyaan 
mengenai informasi diatas silahkan tinggalkan pada forum komentar 
dibawah ini. Komentar kamu akan membantu para traveller lain.

Buat traveller, selamat berjalan-jalan!

 

Salam manis,

EP Your Tour Leader

 

Iklan

One thought on “Sepatu Klompen Di Negeri Kincir Angin – Zaanse Schans

  1. Ping-balik: Ribuan Kincir Angin Di Kota Zaandam – EP Your Tour Leader

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s