Mengunjungi 9 Tempat Wisata Terkenal Dalam 3 Hari – Praha

Selentingan aku sering dengar mengenai berwisata ke kota Praha. Ternyata, banyak traveller dari Indonesia yang demam ingin berkunjung ke negeri dongeng ini, atau julukan “kota dengan 1000 menara”.

Praha adalah ibukota dan kota terbesar di Republik Ceko, Eropa Tengah. Kota yang terletak di tengah-tengah wilayah Republik Ceko, dan berada di wilayah tengah Bohmia dan Sungai Vlatava. Mau tahu sejarah lengkapnya, silahkan baca sejarah kota Praha sejarah kota Praha.

Sekilas pengalaman liburanku tentang kota Praha di tahun 2015.

Aku berangkat dari bandara udara Schiphol-Amsterdam ke bandara Václav Havel Airport Prague, yang memakan waktu sekitar 3 jam.

Setiba aku di dalam bandara, aku langsung mencari loket Tourist Information untuk jasa taxi. Aku sengaja tidak membuking jasa taxi terlebih dahulu, karena mau cari pengalaman lain daripada yang lain. Enggak usah pakai prepare. 😉

Namun, untuk akomodasi tentunya aku sudah buking lebih awal. Takut kalau akomodasi full. So, enggak mau ambil risiko. ;-). Link yang paling sering aku pakai untuk reservasi akomodasi, aku biasanya pakai www.booking.com .
Kedatanganku di hotel berbintang empat, Hotel Galileo, disambut dengan ramah oleh seorang karyawati resepsionis hotel. Kemudian beliau membawaku ke kamar yang sudah aku reservasi sebelumnya. Setiba dikamar, aku istirahat, bersih-bersih karena aku mau cari makan malam di luar.

Kemudian aku turun ke bawah menuju resepsionis, tujuan meminta informasi tempat wisata kota Praha beserta informasi tempat makan.

Karyawati resepsionis menyodorkanku beberapa brosur mengenai objek wisata terkenal di kota Praha.

Setelah aku dapat informasi dari resepsionis hotel, sekitar pukul 19:00 waktu setempat, aku keluar cari makan. Kebetulan di sekitar hotel banyak restoran yang sampai jam 00:00 malam masih buka.

Selama liburanku, tidak pernah terjadi apa-apa padaku. Meskipun sudah larut malam aku harus jalan keluar untuk cari makan. Insya Allah aman kotanya!

Kegiatan selama liburanku 4 hari 3 malam di kota ini:

Hari pertama, aku membuking voucer city tour dan voucer Tari Rakyat lewat resepsionis hotel, yang di organize oleh travel agency setempat.  Pada hari pertama, aku ikut rombongan tur yang diiringi oleh lokal pemandu wisatanya.

Malamnya, dengan voucer pertunjukan Tarian Rakyat atau Czech Folklore Prague, aku ikut rombongan tur lagi menonton pertunjukan ini.

Hari kedua, aku menjelajahi tempat wisata sendiri. Maksudnya, tanpa diiringi oleh pemandu wisata. Aku jelajahi sendiri tempat wisata kota ini, cuma dengan berbekal brosur dan peta yang aku dapat dari karyawati resepsionis hotel tadi.

Masalah transportasi, kota Praha memiliki angkutan Metro yang setiap 10-15 menit berangkat ke pusat kota. Kalau mau cari informasi tentang tiket yang berlaku untuk semua jenis angkutan umum, cari saja ke loket Tourist Information.

Hari ketiga (terakhir), balik ke Schiphol-Amsterdam.

Jarak hotel Galileo menuju bandara Václav Havel Airport Prague, memakan waktu sekitar 30 menit. Taxi aku ambil lewat resepsionis hotel, berbiaya sebesar €40.

Informasi tentang mata uang. Mata uang Republik Ceko adalah Ceko Czech (CZK). Mau tahu konversi dari Rupiah ke CZK bisa klik  konversi.  Pada tahun 2014, Republik Ceko bergabung dengan Uni Eropa. Makanya selain mata uang CZK, mata uang Euro € juga bisa dipakai sebagai alat beli.

Oia, untuk bisa berwisata ke Praha, baca informasi lengkap tentang  Visa Schengen .

Dalam 3 hari, aku bisa berkunjung ke 9 tempat wisata yang terkenal di kota Praha. Cek ke-sembilan poin di bawah ini:

#1  Charles Bridge

Jembatan Charles Bridge adalah jembatan satu-satunya yang menghubungkan dua kota, yaitu Old Town dan Leser Town. Jembatan berumur tiga abad ini, renovasi pertamanya pada tahun 1965-1978. Setelah itu, jembatan direnovasi secara teratur.

Aku ingat, sempet nyasar waktu itu. Aku kehilangan rombongan tur. Pemandu wisata dan aku cari-carian selama tur.. grup yang lain pada panik..;-).

Di jembatan ini, selalu di padetin oleh turis-turis. Kalau traveller liburan keliling Eropa, kota ini, benar-benar tempat wisata yang aduhai. Disini kalau mau lihat koleksi foto Charles Bridge, ada di fesbuk ku.

#2  Astronomical Clock

Jam Astronomi yang terletak di Old Town Square. Jam tergantung di dinding Town Hall, dibuat pada tahun 1410 oleh seorang pembuat jam lokal, profesor astronomi.

Jam ini bukanlah jam biasa. Jam ini lebih semacam planetarium yang menampilkan semua tentang alam semesta pada abad pertengahan.

Musim yang paling tepat untuk berkunjung kemari adalah di musim panas atau di musim gugur. Agak susah memang, untuk memotret jam ini karena padatnya wisatawan di Old Town Square. Tapi, tempat ini salah satu objek wisata yang wajib di kunjungi.  Disini kalau mau lihat koleksi foto Astronomical Clock, ada di fesbuk ku.

#3  Prague Castle

Prague Castle, adalah sebuah komplek yang dibangun pada abad ke-9. Dibangun oleh Prince Borivoj dari dinasti Premsylid (Premyslovci). Prague Castle, adalah sebuah kursi kekuasaan untuk raja-raja Bohemia; Kaisar Romawi Suci. Juga pernah digunakan oleh Nazi Jerman dan pemerintah komunis Cekoslovakia.

Setelah Cekoslavia terbagi menjadi dua, yaitu Republik Ceko dan Slovakia. Prague Castle ditempati oleh kepala negara Republik Ceko hingga sekarang. Dan kastil juga dibuka buat pengunjung. Disini kalau mau lihat  koleksi foto Prague Castle, ada di fesbukku.

#4  Lesser Town, Praha

Sebuah desa yang pada abad ke- 10 dijadikan sebuah pemukiman oleh para pedagang, atau Lesser nama yang dikenal.

Seiring dengan waktu, di bawah lembah didirikan sebuah Prague Castle; selanjutnya berkembang menjadi permukiman hingga terkombinasi menjadi sebuah kota besar.

Pemandu wisata membawa kami kemari, jalan kaki dari Old Town sampai ke Lesser Town. Disini kalau mau lihat  koleksi foto Lesser Town, ada di fesbuk ku.

#5  Jewish Quarter Prague, Praha

Josefov (Perkampungan Tua Yahudi), adalah sebuah daerah kecil, yang areanya berisi sisa-sia perkampungan Yahudia tua. Desa letaknya   diantara Old Town dan sungai Vlatva. Hingga saat ini, tempat wisata dikenal oleh masyarakat setempat Josefov atau Josef’s city.

Nama ini berasal dari Kaisar Josef II; Kaisar Romawi suci yang telah memfasilitasi kemerdekaan dan kesamaan derajat kaum Yahudi dengan mengeluarkan Maklumat Toleransi pada tahun 1781. Disini kalau mau lihat  koleksi foto Jewish Quarter Prague, ada di fesbuk ku.

#6 Czech Folklore, Praha

Republik Ceko mempunyai tradisi menari, yang sering ditampilkan pada Festival Cerita Rakyat. Klik Tari Ceko kalau mau baca sekilas ceritanya tentang  Tari CekoDisini kalau mau lihat  koleksi foto Czech Folklore, ada di fesbuk ku.

#7 Kampa Island, Praha

Kampa adalah sebuah pulau memanjang yang terletak di tepi sungai Vltava, di sisi Lesser Town. Kampa Island tidak seperti layaknya “pulau”, seperti yang kita bayangkan. Melainkan, tempat yang terdapat banyak bangunan-bangunan semi klasik moderan berwarni-warni, khas Praha.

Museum Kampa adalah obyek wisata yang berada di Kampa Island. Museum, sebuah galeri seni modern yang memajang karya-karya seni Eropa, khususnya Republik Ceko. Disini kalau mau lihat  koleksi foto Kampa Island, ada di fesbuk ku.

#8  Wenceslas Square, New Town, Praha

Wenceslas yang memiliki panjang 750 meter dan lebar 60 meter. Tempat ini diapit oleh pusat perbelanjaan, toko, restoran, bioskop. Intinya tempat yang menjadi pusat perbisnisan. Enggak heran kalau tempat ini selalu ramai. Selain itu, Wenceslas Square masih menjadi pusat perkumpulan masa seperti demonstrasi, parade dan berbagai perayaan dan event.  Disini kalau mau lihat  koleksi foto Wenceslas, ada di fesbuk ku.

#9  View of Hrdacany, Praha

Dari atas bukit Hrdacany, terlihat pemandangan indah kota Praha, dan kemegahan Prague Castle terlihat sangat mencolok. Disini kalau mau lihat  koleksi foto View of Hrdacany, ada di fesbuk ku.

Semoga informasi dan tips diatas bermanfaat. Saya sangat menghargai komentar yang kamu tinggalkan pada forum kolom di bawah ini. Ingat, komentar kamu juga sangat membantu para traveller lain yang membacanya.

Terima kasih dan salam manis,