Belanda Selatan

9 Tempat Wisata Terpopuler Di Belanda – Maastricht


 Maastricht adalah nama kota yang terletak di propinsi Limburg, Belanda bagian Selatan.

Sungai Mas, objek wisata yang traveller wajib kunjungi. Apalagi kalau berkunjungnya di musim panas.

Sungai Maas panjangnya 950 Km, terletak persis di tengah kota Maastricht. Luangkan waktu untuk bersantai di cafe-cafe yang tersedia, sambil memandang keindahan sungai Maas.

Konon, air sungai Maas sangat dangkal. Orang atau kendaraan bisa berlalu lalang, sehingga roda mobil basah karena terkena air. Dikarenakan curahan air hujan, maka air sungai naik.

Sungai berasal dari Perancis, yang hingga kini, terus mengalir melalui Belanda dan Belgia.

Sekilas Vlog tentang kota Maastricht, klik play!


Yang membuat kota Maastricht populer, adalah gereja-gereja tua dan katedralnya.

Ada 9 tempat wisata yang aku REKOMENDASIKAN untuk dikunjungi. Yaitu:  

1# Sint-Servaasbasiliek

Basilika bermakna sebuah bangunan yang biasa dipakai untuk pengadilan atau perniagaan oleh bangsa Romawi.

Basilika menakjubkan ini dibangun di atas makam uskup pertama Maastricht (seorang pemimpin gereja), yaitu Sint Servaas.

Pada tahun 1870-1890 gereja di renovasi oleh seorang arsitek terkenal asal Belanda Pierre Cuypers.

Interior di dalam sangat menakjubkan, dibandingkan kalau hanya dilihat dari sisi gedung luar saja. Para traveller, luangkan waktu untuk berkunjung kemari.

Saksikan langsung, organ dan lonceng-loncengnya, yang membuat basilika ini tampak istimewa. Aku cuma ada informasi dalam Bahasa Belanda, yang kamu bisa cek di  Sint-Sevaasbasiliek 

#2  Stadhuis

Balai kota menawan rancangan seorang arsitek dan pelukis, asal Belanda, Pieter Post. Dimana nama beliau juga dipakai pada nama jalan lokasi ini. Bangunan klasik cirikhas Belanda ini mempunyai 49 lonceng-lonceng, yang lonceng terbuat dari perunggu. Setiap hari Sabtu, menara lonceng bedentang.

Balai kota terletak persis di tengah-tengah pasar square, kota Maastricht. Tentu saja, kalau traveller mau informasi lebih lengkap bisa kunjungi ke Stadhuis .

#3 Helpoort

Gerbang tua yang terletak ditengah-tengah kota Maastricht. Gerbang di bangun pada tahun 1229.

Setelah mendapat hak kota, Maastricht terdorong untuk harus melindungi gerbang tua ini. Dan menjadikannya sebagai gerbang kota.

#4 Vrijthof

Alun-alun indah di tengah pusat kota, dekat dengan Sint-Sevaasbasiliek. Di sekitar kota ini banyak orang-orang kudus dan orang-orang yang bekerja sebagai pembantu gereja.

Alun-alun menjadi lokasi populer akan keramaiannya. Terutama kalau ada acara karnaval Maastricht ataupun acara pesta natal.

Bar-bar dan restoran menjadi tempat yang asyik buat tongkrongan. André Rieu, seorang pemain biola terkenal asal Maastricht, sering mengadakan acara concer di alu-alun ini. Tentu saja traveller bisa klik Vrijthof kalau mau tahu lebih luas.

#5 Bisschopsmolen

Tepat di tengah pusat kota Maastricht ada sebuah pabrik tua. Bahkan pabrik tertua di Belanda. Di sini terdapat mesin kincir pembuat roti, yang disebut Bisschopsmolen. Bisschopsmolen berasal  pada abad ke-11, yang kemudian direnovasi pada tahun 2004.

Toh, traveller masih penasaran ingin mendatangi pabrik roti tertua ini? Sekalian mau mencicipi roti segarnya, yang diproses tanpa bahan pengawet atau bahan kimia. Langsung saja kemari. Pemandu wisata bisa direservasi sebelumnya, kalau mau mendengar lebih jelas keterangan tentang  Bisschopsmolen.

#6 ‘t Bassin

Sekitar 500 meter dari pusat kota Maastricht terlihat sebuah pelabuhan. Pelabuhaan yang dapat dirapati sekitar 70 kapal setiap harinya.

Sepanjang pelabuhan berderet café dan restoran-restoran.

Daerah ini, memang tempat yang asyik, dan sangat nyaman untuk bersanti.

#7  Dinghuis

Di pusat kota pada persimpangan jalan Muntstraat, terlihat gedung indah kayek di negeri dongeng, gedung dibangun pada tahun 1470.  Di bagian atas menara telihat jam antik yang indah.

Di ruang bawah tanah ditemukan sel-sel untuk tahanan, namun ruang bawah tanah ini dirubah sebagai tempat teater oleh mahasiswa.

Saat ini, gedung di tempati oleh kantor VVV (Vereniging voor Vreemdelingenverkeer). Sebuah loket pelayanan informasi buat wisatawan atau tourist information.

#8  “Sterre der Zee” in Onze Lieve Vrouwebasiliek

Adalah sebuah gereja. Gereja yang paling tua di kota Maastricht. Gereja suci ini dibangun oleh bangsa romawi pada abad-11.

Gereja terletak di tengah alun-alun Onze-Lieve-Vrouweplein. Gereja boleh dikunjungi siapa saja.

Jam buka setiap hari, dan tidak dikutip biaya apapun.

Enggak sedikit orang datang ke gereja ini untuk berdoa sambil memasang lilin yang mereka hadiahkan untuk keluarganya yang sudah meninggal, atau permintaan-permintaan khusus.

#9  Maastricht meet Europe

Ikon kota Maastricht yang berbentuk bintang ini melambangkan karakter dari sebuah kota ceria, kota yang penuh dengan anak-anak muda pelajar yang inovatif dan energik.  Sebuah karakter kota yang welcome terhadap para pendatang Internasional.

Tempat ini dijadikan sebagai tempat pangkal pertemuan atau meeting point.

Mau lihat koleksi foto-fotoku tentang kota Maastricht? Silahkan cek foto album fesbukku .

 

Semoga bermanfaat!

EP Travel Note

Ellyprachtig.blog

Sumber: Foto pribadi

 

Iklan

2 replies »

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s