Utrecht

Menjelajahi Isi Puri Dongeng Kastil De Haar Di Utrecht (Bagian II)


Bekerja sebagai sukarelawati pemandu wisata di kastil De Haar, adalah sebuah tawaran idaman.

Menguji coba, sebesar apa sudah pengetahuanku tentang Kasteel De Haar? Aku mulai menjelajahi isi kastil, melalui situsnya di Kasteel De Haar.

Kasteel De Haar yaang terletak di propinsi Utrecht, Belanda.

Tahun 2014, aku pernah berkunjung ke kastil ini. Tapi cerita yang aku tulis sangat sederhana. Makanya artikel untuk Kastil De Haar ada dua, yaitu Puri Dongen Kastil De Haar Di Utrecht (Bagian I). Dan yang ini Bagian II.

Iseng-iseng, aku tuangkan detailnya disni.

dehaarDi pertengahan abad, ada sebuh rumah, yang dihuni oleh keluarga De Haar. Rumah ini terletak di atas tepi anak sungai Rhine.

Entah bagaimana, rumah ini ditemukan. Kemudian pada abad ke-13 rumah dibangun hingga berkentuk kastil. Dan di tahun 1391, Kastil De Haar atau Kasteel De Haar dalam bahasa Belanda, resmi te-rigistrasi.

Aslinya, keluarga Van der Haar adalah pemilik kastil ini. Yang pada saat itu, keluarga Van der Haar budak dari Pangeran Bishop. Keluarga De Haar ikut membangun kastil, yang sementara pembangunan hanya untuk memperkaya dan menyenangkan pangeran dan keluarganya.

Terus, bagaimana sebenarnya bentuk asli rumah keluarga Van der Haar? Tidak ada yang tahu.

Singkat cerita, pada tahun 1482 benteng hancur akibat pertengkaran Bisschop dan kota Utrecht. Kemudian benteng dibangun kembali.

Akhir abad ke-19 baron Etienne van Zuylen van Nijevelt menjadi pewaris kastil.

Kastil yang pada abad-abad sebelumnya, hancur berpuing-puing akibat berbagai badai dan perang.

Pada tahun 1887 baron Etienne van Zuylen menikahi orang kaya asal Prancis, baroness Hélène de Rothschild. Beliau bertemu dengan calon istrinya di sebuah “bal-masque atau ruang khusus bertopeng” di Paris. Pada saat itu, baron Etienne berpakaian Hercules, karena ia ingin memberikan kesan yang tak terlupakan pada baroness Hélène.

Sayang disayang, keluarga baroness Hélène menentang pernikahan mereka. Sehingga nasib keluarga baron Etienne dipersulit.

kastil1Baron Etienne tidak menyerah begitu saja. Pertemuan beliau dengan baroness Hélène de Rothschild malah membngkitkan semangat baron Etienne untuk membangun kembali kastil De Haar. Tujuan beliau, sekaligus membangun kembali akan kehormatan keluarganya yang terkenal.

Dari hasil pernikahan, mereka memiliki dua putra. Helin dan Egmont.

Helin, putra tertua mereka meninggal pada usia yang sangat muda, 24 tahun, akibat kecelakaan mobil yang tragis di Rumst, Antwerpen.

Egmont (cucu dari Baron Etienne dan Baroness Hélène), pewaris kastil De Haar. Disamping jabatannya sebagai seorang diplomat dan sekertaris kedutaan, beliau juga tetap menjaga ketradisian keluarga.

Setelah perang Dunia ke II, Egmont menggelar acara tradisi keluarga. Dimana tradisi ini diadakan setiap tahun, pada bulan September. Acara disebut “Hunian September”.

Sejak tahun 60’an, Barond Thierry (cicit dari Baron Etienne dan Baroness Hélène), tetap melanjutkan acara tradisi “Hunian September” ini. Beliau mengundang semua sanak keluarga. Salah satu tamu yang datang ke kastil De Haar adalah, Brigitte Bardot, Gina Lollobrigida, Joan Collins, Yves Saint Laurent, Roger Moore, Gregory Peck.

Acara Hunian September ini bertujuan, untuk mempererat tali silaturahmi dari generasi ke generasi.

Penyelenggaran tradisi Hunian September mendadak bangkit, ketika acara ini dikelola oleh anaknya Thierry (cicit dari Baron Etienne dan Baroness Hélène). Dibawah arahan Thierry kastil menjadi terkenal ke seluruh mancanegara. Tamu-tamu yang datang seperti Coco Chanel, Brigitte Bardot dan Maria Callas.

Juga pada dasarnya, baron Etienne dan Baroness Hélène (kakek-nenek baron Thierry) memang semasa hidupnya, dari awal zaman memiliki kerabat dari keluarga bangsawan yang kaya raya. Para pengusaha, pemodal, seniman sampai penulis terkenal, adalah kerabat-kerabat mereka.

Baron Thierry meninggal pada tahun 2011.

Saat ini, lima cucu dan cicit dari Baron Thierry yang melanjutkan acara tradisi Hunian September. Mereka memang tidak ada hak lagi untuk tinggal di kastil De Haar, tapi mereka masih punya hak melanjutkan acara tradisi Hunian September setiap tahunnya.

Kompleks istana memiliki 200 kamar-kamar, termasuk 25 kamar mandi yang berukuran luas.

Mengenai Interiur kastil.

oudekeukeninhetsouterrein-copyDi ruang bawah tanah ada dapur dan area layanan. Ruangan dapur ini sengaja diletakkan di tengah-tengah aula. Sehingga orang bisa datang dan kelur dari setiap lorong menuju ke dapur.

Di dapur ini terdapat berbagai ragam bagian. Misalnya, dibagian alat perangkat dapur. Di bagian ini, terdapat misalnya sendok, piring, gelas dll. Dan dibagian bahan pangan, terdapat seperti sayuran, daging, susu dll.

Dari seluruh interiur ruangan, dapur ini adalah bangunan yang paling tua. Dapur dibangun pada abad ke-15. Yang dibangun dengan bahan batu bata padat memiliki tebal lebih dari 1 meter.

Diatas kompor batubara terdapat sebuah lobang ventilasi. Ini diterapkan, agar asap bisa keluar lewat lobang ventilasi. Akibat ini, suhu panas di dapur bisa naik sampai sekitar 40 derajat.

Mengenai ruang makan.

eetzaal

Ruang makan ini terdapat 1 meja dan 34 kursi-kursi. Dan tempat ini hanya dipersiapkan buat makan malam untuk tamu-tamu penting såja. Ruang makan dirancang oleh seorang perancang dekorasi terkenal di abad pertengahan, yaitu P.J.H. Cuypers. Beberapa kursi (tidak semua) memiliki tombol. Dimana tombol berfungsi untuk merubah dekorasi pada kursi tersebut.

Mengenai Aula utama.

mainhall

Pada bulan September, Aula utama atau main hall ini dijadikan sebagai lobihotel. Aula didekorasi dengan indah, meja-meja rendah ada dimana-mana, dibarengi dengan sofa yang empuk dan nyaman.

Menjelang petang, tempat ini dahulunya dijadikan tempat perkumpulan oleh para tamu-tamu. Mereka berkumpul di aula ini, sambil menikmati hidangan minumannya. Di aula ini, terdapat pula sebuah Lonceng Tibet, yang berbentuk sebuah gong. Nah, gong ini akan dipukul, apabila ingin mengumpulkan para tamu-tamu pada suatu meja.

Mengenal balroom:

balzaal

Ruang ini adalah sebuah ruang tari yang di rancang khusus untuk para bangsawan. Tarian yang biasanya membutuhkan seorang partner, tidak bisa sendiri. Cirikhas balroom, biasa dipakai pada abad pertengahan.

Didalam ruangan inilah Baron dan Baroness menyelenggarakan berbagai festival, termasuk yang terkenal “Bal Masque” (ruang khusus bertopeng).

Di dinding, terdapat dua karpet permadani. Karpet permadani asal Brussel ini mempunyai nilai seni yang sangat tinggi di abad 16. Dan masing-masing karpet permadani mempunyai makna pula.

Makna karpet permadani yang tergantung disebelah kiri, menunjukkan sebuah penciptaan dunia dalam enam hari dan musim augur. Sedangkan karpet permadani yang ada di dinding sebelah kanan, menggambarkan akan Kemenangan Kristus.

Mengenai Kamar Tidur.

slaapkamer 1

Ternyata, Baron dan Baroness tidak menyerahkan dekorasi interiur mereka sepenuhnya pada gaya Cuypers. Karena, di beberapa kamar terlihat gaya arsitekur Neo-Gothic. Seperti di kamar tidur ini contohnya. Dinding kamar dan langit-langitnya mempunya variasi warna yang sangat ringan. Di isi pula dengan perabotan ala Louis Style, gaya yang lagi ngetrend di abad 19.

Mengenai gudang penyimpanan kereta atau Koesthuis.

koesthuis

Gudang tempat penyimpanan kreta atau Koesthuis ini terletak pada pintu masuk taman kastil.

Sekarang tempat ini dibuka untuk pengunjung kastil De Haar. Disini tersedia restaurant yang menjual makanan, minuman serta makanan ringan.

Disamping itu, salah satu ruangan juga disewa untuk resepsi pernikahan.

Mengenai taman dan kebunnya.

me copy.jpgKalau dilihat dari kastil, kolam indah besar nan panjang ini terletak dibagian utara.

Kasteel de Haar Utrecht

Kebun bunga mawar ini dijadikan sebuah monumen. Monumen untuk mengenang putra sulung Etienne, baron Helin van Zuylen van Nijevelt. Yang tewas akibat kecelakaan mobil di Rumst, Antwerpen pada tahun 1912, diusianya yang ke 24.

Di kebun bunga mawar ini, terdapat lebih dari 1.200 bunga mawar, dengan 79 variasi. Bunga mawar yang indah ini, mekar pada musim panas.

Pada tahun 2000 kastil beserta tamannya telah diambil alih oleh Instansi Kasteel De Haar.

Untuk melihat koleksi kumpulan dari foto album kastil De Haar, klik di Facebook 2014-Kasteel De Haar, the NL.

Kalau kamu berada di kota Utrecht dan ingin datang berkunjung kemari, tapi enggak berani sendiri? Please lemme know! Dan, sebelumnya, please baca tentang aku di Tentang EP Travel Note

Ah, mau jalan sendiri aja, tanpa didampingi oleh siapapun, bak seorang “solo traveller”. Jangan lupa, SELALU cek informasi tentang jadwal angkutan umum di Belanda.

Semoga bermanfaat!

 

EP Travel Note

Ellyprachtig.blog

Sumber: Foto pribadi

Iklan

1 reply »

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s