12 Tempat Dalam 1 Minggu Semarang

12 Tempat Wisata Patut Di Kunjungi Kalau Kamu Ke Semarang


Seblum aku melakukan travelling, jauh-jauh hari aku selalu sudah mempersiapkan daftarku yang berisikan tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi.

Tiket pesawat terbang yang aku buking pada waktu itu dari Denpasar – Semarang. Dan tiket balik pulang dari Yogyakarta – Denpasar.Kalau kebetulan tidak punya teman atau saudara di Semarang, kamu memang harus menyewa mobil selama 1 minggu.Di bawah ini ada 12 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di kota Semarang, Jawa Tengah, Dalam 1 Minggu:

#1 Kota Lama, yang terletak persis di jantung kota Semarang.

kotalama

Kota Lama atau Oudestad adalah sebuah kota tua, yang dibangun pada zaman Hindia-Belanda, pada abad ke-17. Hingga saat ini, kota ini menjadi kota yang sangat bersejarah, sehingga bangunanan-bangunan tua ala Belanda ini tidak di rubah, melainkan direnovasi, dijaga dan dilestarikan.

Sewaktu aku berkunjung ke kota ini, terasa seakan diriku dibawa ke zaman tempo dulu.

Bagi yang mau nyewa becak antik keliling Kota Lama, disini juga disediakan, cukup dengan biaya Rp. 25.000,-  si Tukang becak akan membawa kamu keliling Kota Lama selama lebih kurang 20 menit.

So, tempat ini, memang sangat di rekomendasikan untuk dikunjungi. Untuk melihat koleksi foto tentang Kota Lama, silahkan cek di Facebook 2016-Kota Lama Semarang, Ind.

#2 Museum Ranggawarsita, terletak di kota Semarang.

rangga

Museum ini salah satu objek wisata bersejarah yang dibanggakan oleh masyarakat di Jawa. Asset-aset yang berada di Museum, menjadikan Museum Ranggawarsita sebagai salah satu wisata edukatif dan cocok untuk dikunjungi oleh para pelajar maupun wisatawan baik skala lokal maupun nasional. Koleksi peninggalan sejarah yang disimpan dimuseum ini diantaranya adalah numismatika, arkeologi, geologi, koleksi emas, sejarah, etnografi, keramik, heraldika, koleksi seni, dan teknologi.

Museum dibuka untuk umum, pada jam kerja mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15:00 WIB. Pada waktu itu kami membayar tiket masuk untuk wisatawan lokal sebesari Rp.10.000,-per orang. Tanpa dikenakan biaya parkir kendaraan.

Untuk melihat koleksi foto tentang Museum Ranggawarsita, silahkan cek di Facebook 2016-Museum Ranggawarsita, Ind.

#3 Kelenteng Sam Poo Kong, terletak di Semarang, Jawa Tengah.

sampookng

Kelenteng China yang terbesar di kota Semarang ini disebut Klenteng Sam Poo Kong atau Kuil Gedung Batu.

Peletakan batu pertama kuil ini yaitu sekitar pada tahun 1400-1416. Yang dibangun dengan gaya arstitek campuran ala tradisi Jawa dan tradisi China.

Menurut sejarahnya bahwa tempat ini dulunya adalah tempat persinggahan dan pendaratan seorang Laksamana Tiongkok beragama islam, bernama Zhen He.

Untuk tamu lokal, pada waktu itu kami dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 3000,- per orang. Sayangnya kami tidak masuk kedalam kuil, kami cuma di halaman luar kuil saja. Tapi, di perbolehkan juga loh masuk ke dalam areal ibadah, yang dikenakan biaya lagi sebesar Rp. 20.000,- per orang.

Kuil ini mempunyai keunikan jam buka, yaitu mulai pukul 06:00 WIB s/d pukul 23:00 WIB setiap hari.

Untuk melihat koleksi foto tentang Klenteng Sam Poo Kong, silahkan cek di Facebook 2016-Sam Poo Kong Temple, Ind.

#4 Simpang Lima, terletak di Semarang, Jawa Tengah.   

simpanglima

Simpang Lima adalah nama tempat di kota Semarang. Mulai pukul 18:30 WIB tempat ini sudah dipenuhi dengan deretan gerobak jualan makanan dan jajan pasar cirikhas Jawa Tengah. Warna-warni lampu kota menghiasi keindahan kota ini.

Tempat ini sangat populer. Singgah kemari kalau kamu berada di Semarang. Untuk melihat koleksi foto tentang Simpang Lima, silahkan cek di Facebook 2016-Simpang Lima, Ind.

#5 Lawang Sewu, terletak di Semarang, Jawa Tengah.

lawang

Lawang Sewu adalah gedung bersejarah, yang usianya lebih dari 100 tahun.

Lawang Sewu dalam bahasa Indonesia berarti seribu pintu. Namun faktanya tidak sebanyak itu. Hanya karena memiliki banyak pintu, lorong dan jendela berukuran besar mirip pintu sehinggu disebutlah sebagai Gedung Lawang Sewu.

Gedung Lawang Sewu buka setiap hari, mulai pukul 06:00 s/d pukul 18:00 WIB. Dengan biaya tiket masuk Rp. 10.000,-. Di perbolehkan juga masuk ke ruang bawah tanah, dengan tambahan biaya Rp. 30.000,- per orang. Kami tidak masuk sampai ke ruang bawah tanah, jadi aku enggak bisa bagi cerita tentang hal ini.

Tempat ini, sangat sangat di rekomendasikan apabila kamu datang ke kota Semarang. Untuk melihat koleksi foto tentang Lawang Sewu, silahkan cek di Facebook 2016-Lawang Sewu Semarang, Indo.

#6 Mesjid Agung, terletak di Semarang, Jawa Tengah.

mesjidMesjid yang di rancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi ini dibangun sejak tahun 2001 hingga selesai pada tahun 2006. Dengan kapasitas 6000 ditambah 10.000 jamaah (kapasitas serambi masjid)

Apakah kamu suka berkunjung ke bangunan yang berbau religius dengan arsitek ala Romawi? Tempat ini direkomendasikan untuk dikunjungi. Untuk melihat koleksi foto tentang Mesjid Agung, silahkan cek d   Facebook 2016-Masjid Agung Semarang, Ind.

#7 Rawa Pening, terletak di Kecamatan Ambarawa Semarang, Jawa Tengah .

rawa

Danau alam, yang dimanfaatkan sebagai lahan mencari ikan oleh penduduk sekitar. Maka tak heran jika banyak perahu-perahu kecil berada di sekitar danau.

Menuju ke danau Rawa Pening tidaklah susah. Kalau perjalanan kamu dari Semarang menuju kemari, cukup memakan waktu lebih kurang dari 1 jam perjalanan. Untuk melihat koleksi foto tentang Rawa Pening, silahkan cek di Facebook 2016-Rawa Pening Ambarawa, Ind.

#8  Museum Palagan Ambarawa, terletak di Magelang, Jawa Tengah .

palagan

Museum Isdiman Palagan Ambarawa ini menyimpan berbagai koleksi senjata, kendaraan tempur, pakaian dan barang-barang yang di pergunakan dalam pertempuran Ambarawa.

Dengan biaya tiket masuk Rp. 6000,- per orang kami bisa berjalan-jalan dan melihat isi komplek Museum Isdiman ini.

Jangan lupa, kalau kamu ada rencan untuk datang ke Museum Palagan Ambarawa, mereka juga menyediakan fasilitas wisata, yaitu trip naik kereta api. Sambil duduk didalam keretaapi, kamu dapat menikmati keindahan alam di sekitar desa. Kabarnya tiket untuk bisa naik keretapi ini sebesar Rp. 15.000,- per orang. Untuk melihat koleksi foto tentang Monumen Palagan Ambarawa, silahkan cek di Facebook 2016-Palagan Ambarawa, Ind.

Maaf, aku gak bisa cerita banyak, karena aku pada waktu itu gak ikut fasilitas wisata ini.

#9 Umbul Sidomukti, terletak di Desa Sidomukti Bandungan, Jawa Tengah. 

umbulUmbul Sidomukti ini adalah sebuah kawasan wisata alam pegunungan di Kecamatan Bandungan. Disini ada empat buah kolam yang bertingkat dan dapat dipilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Air kolamnya sangat dingin, jernih dan menyegarkan.

Penginapan Pondok Wisata Umbul Sidomukti sangatlah nyaman untuk bermalam. Hotel mempunhyai tarif harga kamar yang bervariasi. Waktu itu kami mengambil type kamar Standar Room dengan biaya Rp. 575.000,- per malam. Kamar meliputi kapasitas 4 orang, LED TV, sarapan pagi ala buffet, tanpa air panas. Kamarnya sangat rapi dan bersih. Selain itu, semua karyawannya ramah dan bersahabat.

Hotel ini juga punya fasilitas outdoor, seperti para layang, camping, flying fox, menuruni tebing curam, berkuda, dll.

Ingat, karena keindahan pemandangan dari kamarnya, tidak heran kalau hotel ini menjadi incaran. Sangat disarankan, kamar di buking jauh hari sebelumnya. Apalagi kalau check-in nya weekend. Ohyea, harga tarif kamar untuk weekend, dan hari biasa beda loh. Untuk informasi lanjut, hubungi kehotelnya langsung di Penginapan Umbul Sidomukti.

Kalau kamu datang kemari dengan kendaraan pribadi, plis check kondisi dan kesehatan mobil. Karena jalan menuju ke hotel ini sangat curam, tanjakan dan sempit. Cukup satu mobil bisa masuk kemari, sehingga mobil yang mau keluar harus menunggu sampai mobil yang satu masuk keatas. So, keahlian jurus menyetir disini sangat dibutuhkan ;-).

Tempat yang ideal untuk beristirahat, dan melepaskan stres dari kehidupan kota besar. Untuk melihat koleksi foto tentang Umbul Sidomukti, silahkan cek di Facebook 2016-Umbul Sidomukti Bandungen Semarang, Ind.

#10 Candi Gedong Songo, terletak di Desa Candi Bandungan, Jawa Tengah. 

candiGedung Songo berada di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di desa Candi, kecamatan Ambarawa yg berjarak 9 Km dari kota Ambarawa dan 12 Km dari kota Ungaran.

Tempat wisata ini menyediakan fasilitas berkuda, dengan biaya sebesar Rp. 80.000,- per orang/kuda. Dengan biaya ini kamu di bawa sampai ke Gedung Songo atau ke Candi yang ke Sembilan.

Kalau kamu, suka uji coba adrenalin, enggak takut berkuda di pegunungan, diatas permukaan laut 1300 meter, silahkan coba fasilitas berkuda ini. Tapi kalau kamu tidak punya kriteria diatas, lebih bagus jangan coba fasilitas berkuda ini. Serem!! Aku enggak bakalan mau berkuda lagi!! ;-(

Untuk melihat koleksi foto tentang Candi Gedong Songo, silahkan cek di Facebook 2016-Gedong Songo Bandungan Semarang, Ind.

#11   Malioboro, Yogyakarta

malioboroSiapa yang enggak kenal jalan Malioboro di Yogyakarta? Mampir ke jalan Maliboro, kalau toh kamu nginap di Yogyakarta. Lesehannya, makanannya, keramaian kotanya yang 24 jam ini, membuat aku betah di Yogyakarta.

Jangan lupa, coba naik becak Yogya keliling kota, atau naik delmannya. Untuk naik delman, kamu bayar Rp. 100.000 si Tukang delman akan membawa kamu keliling kota Yogya selama 1 jam.

Untuk melihat koleksi foto tentang Malioboro, silahkan cek di Facebook 2016-Malioboro Yogyakarta, Ind.

#12 Pantai Indrayanti, terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

indrayanti

Pantai ini terletak di desa Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantainya asri, air lautnya jernih. Mayoritas pengunjungnya adalah wisatawan domestik. Menurutku, pantai ini tidak terlalu aduhai. Aku cuma bisa memberinya penilaian 7 dari 10.

Kalau kamu nginap di Yogyakarta, dan ada waktu banyak, enggak salah berkunjung ke pantai Indrayati. Perjalanan dari kota Yogya kemari memakan waktu 1-2 jam. Untuk melihat koleksi foto tentang Pantai Indrayanti, silahkan cek di 2016-Indrayanti Beach Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jika informasi diatas bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar pada forum dibawah ini.

Sharing is caring. Informasi kamu berguna buat traveller lainnya.

Salam manis,

EP Your Tour Leader

 

Iklan

3 replies »

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s