TRADISI HIDUP DI BELANDA

Mengendarai Sepeda Motor Tanpa Helm, Ternyata Diperbolehkan di Belanda


Mengendarai sepeda motor, tanpa helm? Di Belanda? Di perbolehkan? Di Negara yang terkenal dengan kedisiplinan lalu lintasnya? Masa iya sih… ?  

Enggak satu-dua teman-teman dari Indonesia, yang menegur aku, karena tidak pakai pengaman tutup kepala atau Helm, saat mengendarai sepeda motor.

Nah, di bawah ini aku akan jabarkan jenis sepeda motor yang di perbolehkan tanpa Helm.

Sepeda motor dayung/ tanpa dayung dengan kecepatan 25 km per jam.

Scooter, snorfiets, snorscooter ketiga ini memiliki arti yang sama. Kata ini berasal dari Bahasa Belanda yang artinya Sepeda motor biasa, sepeda motor dayung yang menggunakan motor sebagai alat penggerak (tidak perlu mendayung). Untuk kategori sepeda motor ini diizinkan tidak menggunakan pengaman tutup kepala atau Helm. Sepeda motor jenis ini memiliki kecepatan maksimum 25 km per jam.

Untuk sepeda motor dengan kecepatan 25 km per jam harus berjalan di jalur sepeda. Karena jenis sepeda motor ini sudah masuk dalam kategori sepeda, hanya ia memiliki motor sebagai alat penggeraknya.

Dan, untuk membedakan mana sepeda motor dengan kecepatan 25 km per jam, dan mana sepeda motor dengan kecepatan 45 km jam, dapat di lihat pada plat warna nomor kendaraan.

Plat warna motor dengan kecepatan 25 km per jam, memiliki plat kendaraan warna biru.

Siapa yang di izinkan mengendarai sepeda motor ini? Bagi yang berumur diatas 16 tahun dan memiliki SIM mobil (SIM B), atau memiliki SIM Sepeda motor (SIM A).

Bromscooter atau sepeda motor dengan kecepatan 45 km per jam.

Kendaraan bermotor diatas 45 km per jam ini WAJIB menggunakan pengaman tutup kepala atau Helm. Dan pengendara tidak diizinkan berjalan di jalur sepeda. Namun, harus berjalan di jalur yang sudah ditentukan. Terkecuali adanya tautan yang membolehkan.

Untuk membedakan mana sepeda motor dengan kecepatan 25 km jam, dan mana sepeda motor dengan kecepatan 45 km per jam, dapat di lihat pada plat warna nomor kendaraan.

Plat warna motor dengan kecepatan 45 km per jam, memiliki plat kendaraan warna kuning.

Siapa yang di izinkan mengendarai sepeda motor ini? Bagi yang berumur diatas 16 tahun dan memiliki SIM mobil (SIM B), atau memiliki SIM Sepeda motor (SIM A).

Tidak sedikit wisatawan lokal yang datang ke kota-kota “turis” di Belanda, dan menyewa jenis sepeda motor dengan kecepatan 25 km per jam. Dengan mengendarai sepeda motor ini wisatawan dapat mengunjungi banyak tempat-tempat wisata dalam satu hari. Apalagi kalau musim panas tiba, lebih asyik berkendara dengan sepeda motor.

Kebetulan, aku juga memiliki jenis sepeda motor dengan kecepatan 25 km per jam. Bagi kamu yang suka berkendara sepeda motor, mari kita jalan-jalan keliling kota dengan sepeda motor, serasa di Indonesia ;-). Mau lihat VLOG sewaktu berkendaraan dengan sepeda motor? Silahkan cek di Facebook berkendaraan sepeda motor tanpa helm. Enjoy watching it! 😉

Informasi penting! Jangan main-main dengan minuman mengandung alkohol. Terutama saat berkendaraan. Ini dilarang keras di Belanda. Bagi yang melanggarnya, akan dikenakan sangsi yang enggak enak di dengar. Makanya, sebelum berkendara dengan jenis kendaraan apapun, JAUHKAN minuman beralkohol. Toh, penasaran ingin mengetahui seberapa banyak boleh mengkonsumsi? Silahkan di tanya dulu pada instansi yang bersangkutan.

Oia, masih ada yang penasaran siapa sih EP Your Tour Leader sebenarnya? Coba cek ricek di Tentang EP Your Tour Leader.

Semoga tips dan informasi diatas bermanfaat. Masih ada pertanyaan? Silahkan tinggalkan unek-unek kamu pada forum komentar dibawah ini.

Sekali lagi, buat Para Traveller, selamat berjalan-jalan!

 

Elly Prachtig

Ellyprachtig.blog

Sumber: Foto sepeda motor plat warna kuning dan warna biru diambil dari Google.

Iklan

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s