Republik Ceko

Cerita Rakyat Ceko Melalui Tarian


Republik Ceko mempunyai tradisi menari, yang sering ditampilkan pada Festival Cerita Rakyat.

Selain tarian ini di pakai pada acara-acara hari kebangsaan, tarian juga dimainkan oleh mereka sendiri. Yang tema acara disesuaikan dengan situasi cerita rakyat pada saat itu.

Setiap tarian mempunyai lagu-lagu tersendiri dan kostum tersendiri pula. Tergantung pada tema acara. Misal dari tema acara adalah, menyambut musim semi, keberhasilan panen, acara pesta pernikahan, acara pemakaman dan acara-acara tradisional lainnya. Maka tidak heran kalau mereka mempunyai berjuta lagu-lagu, dan juga beragam warna-warni pakaian.

Jadi apabila tema acara pemakamannya sedang bersedih, maka mereka menggunakan lagu-lagu berbau kesedihan, pakain juga disesuaikan dengan situasi bersedih.

Intinya, dari tema acara yang mereka mainkan, tampaklah sebuah ekspresi emosi, yang sedang mereka hadapai pada saat itu. Inilah pengertian Tari Cerita Rakyat tadi, yang sering dimainkan pada Festival Cerita Rakyat.

Sejak abad ke-19 hingga saat ini, musik dan tarian ini adalah bagaian yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat umum di Republik Ceko.

Anggota kelompok tarian cerita rakyat dimainkan oleh berbagai usia. Mulai dari anak kecil, remaja hingga orang dewasa. Anak-folklore2anak didorong untuk berpartisipasi dalam Tari Cerita Rakyat dari usia yang sangat dini. Dimana mereka semua, juga sangat menikmati tarian cerita rakyat ini. Musik dan gaun yang indah, mereka pamerkan di depan penonton pada saat Festival Cerita Rakyat.

Tujuan dari Tari Cerita Rakyat adalah, untuk melestarikan tradisi lokal dari Republik Ceko. Pantaslah, kalau keunikan warisan budaya mereka melalui tarian dan lagu-lagunya sudah masuk ke dalam daftar UNESCO.

Setelah acara pertunjukan Tari Cerita Rakyat selesai, biasanya para penari mendatangi penonton satu persatu, untuk diajak bergabung menari.

folklore4

Salah satu penari datang menuju meja Saya sambil membawa bendera Indonesia. Beliau menyapa, apakah Saya “Indonesian woman” mau gabung menari dengan mereka.
Di kota Praha tersedia banyak loket-loket yang menjual tiket untuk dapat menghadiri acara Tari Cerita Rakyat. Tiket juga bisa didapat di resepsionis hotel. Dengan biaya € 40, ini sudah termasuk tiket masuk dan makan malam ala Republik Ceko, yaitu menu Goulash.

Goulash adalah sup atau rebusan daging sapi dan sayuran yang dibumbui dengan lada dan rempah-rempah lainnya. Makanan ini memang populer di Eropa Tengah, Eropa Timur, Belanda, Belgia, Swiss, Skandinavia dan Eropa Selatan.

folklore3Jam acara Tari Cerita Rakyat beragam. Di informasikan saja sewatku pembalian tiket. Mau lihat pertunjukan yang jam berapa.

Nah, setelah pembelian tiket, kamu akan dinformasikan lebih detail, termasuk tentang penjemputan dan pengantaran.

Dalam satu bus biasanya ada sekitar 10 orang wisatawan dari beragam negara. Dan bus pariwisata ini, akan menjemput dan mengantar kembali penumpang ke tempat tinggal masing-masing atau ke penginapannya.

Mau liat koleksi foto tentang tarian rakyat ceko kli di Facebook 2015-Czech Folklore Prague, Czech Republic.

Moga-moga informasi diatas bermanfaat!

EP Travel Note

Ellyprachtig.blog

Sumber: Foto pribadi

Iklan

3 replies »

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s