Kenapa Elly "Prachtig"

Kenapa Elly “PRACHTIG”?


Elly adalah nama depan ku, juga nama kecil ku. “Prachtig” aku pakai sebagai Nama Ke-Dua ku.

Aku adalah seorang wanita Indonesia, bersuku Pujakesuma alias Putri Jawa Kelahiran Sumatra. Yang sejak tahun 2016 hingga saat ini berdomisili di Negeri Belanda. Dan tentu saja masih mencintai paspor Indonesia.

Kami suku Jawa, tidak mempunya Marga, Boru (dalam Bahasa Batak) atau Nama Keluarga.

Semua teman-temanku di Negeri Belanda terheran-heran, karena aku tidak memiliki Nama Keluarga.

adatjawa

 

Selalu mereka mempertanyakan tentang hal ini. Misalnya, “Bagaimana kalau Pak Pos datang ke Kampung kalian, dan membawa surat untuk salah satu keluarga kalian”? Aku menjawab, “Yang penting alamat dan namanya lengkap, surat itu akan sampai pada pemiliknya”. “Jadi kalian semua punya nama beda-beda?”, tanya mereka lagi. Aku jawab lagi, “Yah iya, Ayahk namanya Ini, Ibuku namanya Ini, kakakku namaya Ini. Dan seterusnya dan seterusnya…. .

“Yang jelas, seluruh anggota keluarga yang ada didalam rumah, mempunyai nama Ke-Dua yang berbeda satu sama lain”, jelasku pada mereka lagi.

Aku jelasin lagi pada mereka, bahwa pada zaman dahulu kala… ^_^ ada keinginanku untuk menikah dengan seorang lelaki dari suku lain. Yang nantinya aku bisa menyandang Nama Keluarga dari suamiku. Itu pilihan pertama.

Dan pilihan kedua, aku mau mencari sebuah Keluarga dimana aku bisa membeli Nama Keluarga dari Keluarga tersebut. So pasti, aku wajib meminta izin, apakah aku dapat membeli Nama Keluarga mereka.

Ini boleh, tapi, persyaratan untuk dapat membeli Nama Keluarga bukanlah persyaratan yang mudah.

Selain mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, aku wajib di upacarai menurut adat dari Nama Keluarga tersebut. Juga bersumpah untuk menghormati dan mengikuti segala peraturan dari adat dan istiadat dari Nama Keluarga tersebut, beginilah informasi yang aku dapat.

Namun, meskipun sudah berulang-ulang aku terangin, semua teman-teman di Negeri Belanda masih merasa aneh, kenapa kami suku Jawa tidak memiliki Nama Keluarga. Sedangkan suku lain punya.

Well, setelah pernikahanku ditahun 2008 dengan bangga aku langsung menyandang Nama Keluarga dari suamiku. Sayang di sayang, Nama Keluarga itu tidak bisa aku sandang sampai akhir hayatku… ;-(

Sejak saat itu, aku pun langsung mencari Nama Ke-Dua ku yang aku tidak usah tergantung pada siapapun.

kenapaellyprachtig

Sekilas tentang arti “Prachtig”. Kata “Prachtig” aku ambil dari Bahasa Belanda, yang artinya “Cantik, Indah, Luar Biasa, Imut” dan seterusnya dan seterusnya…. .

Kenapa aku mengutip kata “Prachtig” ini sebagai Nama Ke-Dua ku? Karena, aku ingin agar segala apa yang aku lakukan, SEMUANYA menjadi CANTIK-CANTIK. Disamping itu, ini juga meng-inisialkan bahwa selain Bahasa Indonesia adalah bahasa Ibuku, Bahasa Belanda itu adalah bahasa Ayahku. Jadi kedua bahasa ini sangatlah penting buatku. Inilah alasan mengapa “Prachtig” menjadi Nama Ke-Dua ku.

Nah, sekarang teman-teman sudah tau kan, kenapa “Prachtig” aku jadi kan sebagai nama ke-dua.

Jika ada pertanyaan yang relevan, silahkan tinggalkan unek-unek pada kolom komentar dibawah ini.

 

Salam manis,

EP Your Tour Leader


Iklan

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s