Jawa Tengah

Wisata Melihat Koleksi Senjata Kendaraan Tempur Di Palagan Ambarawa Semarang


Museum Kereta Api yang aku kunjungi beberapa minggu yang lalu. Museum Isdiman yang berada di Kompleks Monumen Palagan Ambarawa, Semarang bagian Selatan, Jawa Tengah.

palagan

Museum Kereta Api ini adalah merupakan satu-satunya museum kereta api berteknologi kuno peninggalan penjajah di Indonesia. Selain Museum Kereta Api, Museum Isdiman Palagan Ambarawa ini juga menyimpan berbagai koleksi senjata, kendaraan tempur, pakaian dan barang lain yang di pergunakan dalam pertempuran Ambarawa tersebut.

palagan2

Menurut informasi yang aku baca lewat brosur, Museum ini sebenarnya di tujukan untuk mengenal jasa Letkol Isdiman yg gugur saat bertempur melawan tentara sekutu pada tanggal 25 Nopember 1945 di Ambarawa. Karina itu, Museum ini disebut dengan Museum Isdiman.

Masih ada sambungan ceritanya lagi nih… . Pertempuran hebat tersebut melibatkan banyak komponen seperti Resiman Kedu Tengah di bawah pimpinan Letkol Sarbini, angkatan muda pimpinan Oni Sastrodiharjo yang di perkuat pasukan dari Ambarawa dan Surakarta, Batlyon I Soeryosoempeno di Ngipik, komandan Divisi V Banyumas di pimpin Kol. Soedirman, Yon Imam Androngi, Yon, Soeharto. Soegeng dan bala bantuan dari Yogyakarta, Solo, Salatiga, Purwokerto, Magelang dan Semarang.

Informasi sejarah ini, aku kutip mutlak dari brosur yang aku dapat dari loket objek wisatanya. Sebenarnya aku juga kurang sreg nyeritain topik yang berbau perjuangan. Tapi sayang kalau aku abaikan, aku udah kesana, berselfi-ria lagi ^_^.

So, apa salahnya aku bagi-bagi sedikit pengalaman tentang kunjunganku tentang ini, toh? ^_^

palagan3

Lokasi Kompleks Monumen Palagan Ambarawa ini mudah ditemukan. Karena ia terletak di pinggir jalan Ambarawa – Magelang. Waktu itu kami enggak pake nyasar-nyasar kok. Satu kali nyari udah langsung dapet.

Yang paling seru dari tempat ini, Museum juga menyediakan paket wisata yang wisatawannya bisa menumpang kereta tenaga uap. Dan duduk di kereta api, sambil menikmati alam pedesaan dan pegunungan. Sorry ya, aku gak bisa cerita panjang lebar tentang ini, karena aku enggak pernah ikut paket wisatanya.

Kalau mau lihat foto albumnya, silahkan klik di Facebook 2016-Palagan Ambarawa, Ind.

Moga-moga cerita diatas bermanfaat. Jika ada unek-unek yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar pada forum dibawah ini.

 

Salam manis,

EP Your Tour Leader

Iklan

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s