Jawa Tengah

Tempat Wisata Seribu Pintu Atau Lawang Sewu Di Semarang


Lawang Sewu adalah gedung bersejarah, yang usianya lebih dari 100 tahun.

Lawang Sewu dalam bahasa Indonesia berarti seribu pintu. Namun faktanya tidak sebanyak itu. Hanya karena memiliki banyak pintu, lorong dan jendela berukuran besar mirip pintu sehinggu disebutlah sebagai Gedung Lawang Sewu.lawang2

Kononnya, orang-orang pada takut untuk masuk ke gedung Lawang Sewu ini. Yang katanya anker. Apakah itu benar? Entahlah.

Gedung tua yang usianya seabad lebih ini, kabarnya memang menjadi lokasi pertempuran antara pemuda AMKA (Angkatan Muda Kereta Api) melawan Kempetai dan Kidobutai Jepang. Dikenal dengan Pertempuran Lima Hari, karena berlangsung pada 14-19 Oktober 1945. Dari sinilah, timbulnya desas-desus anker tersebut. Apalagi lihat koridor-koridornya yang serem dan panjang itu…. .

Juga, pada zaman dahulu, Lawang Sewu ini pernah digunakan sebagai Kantor Pusat Perusahaan Kereta Api (Trem) Nederlands-Indisch Spoorweg Maatschappij (NS).

lawang3

Karena aku kebetulan tinggal di negeri Belanda, paman Yogi dengan senang hati memperkenalkan tempat wisata Lawang Sewu ini padaku. Yang kebetulan, gedung Lawang Sewu terletak tidak jauh dari rumah paman Yogi tinggal. Yaitu, terletak persis di bundaran Tugu Muda Semarang yang dahulu disebut Wilhelmina Plein.

Lagi-lagi aku ngumpulin brosur. Niatku untuk menceritakan kembali cerita-cerita ini pada teman-temanku.

Nah, menurut keterangan yang ada di brosur, bahwa bangunan ini didesain oleh arsitek Prof. Jacob K Klinkhamer dan BJ Oendaag dari Amsterdam, Belanda.

Gedung utama dimulai pada tgl 27 Februari 1904, selesai pada Juli 1907. Sedangkan bangunan tambahan dibangun sekitar tahun 1916 dan selesai tahun 1918. Sebagian bahan bangunannya dipesan khusus, di datangkan dari Eropah, kecuali batu bata, batu alam dan kayu jati.

Setelah Lawang Sewu dipugar dan dibuka kembali untuk umum, gedung ini menjadi tempat wisata yang populer di kota Semarang. Gedung ini tidak lagi di takuti, atau di sebut-sebut gedung anker. Desas-desus masih tetap ada, tapi sudah mulai berkurang.

lawang4

Pemerintah Pariwisata berharap, dengan banyaknya wisatawan yang datang, ini akan mendukung pelestarian untuk bangunan gedung Lawang Sewu.

Selain bisa menjadi tempat wisata sejarah, Lawang Sewu juga bisa dijadikan tempat pameran, rapat, resepsi pernikahan dan acara lainnya.

Kalau mau lihat koleksi foto albumnya, silahkan klik Facebook 2016-Lawang Sewu Semarang, Indo.

Moga-moga cerita dan informasi diatas bermanfaat. Jika masih ada unek-unek yang ingin disampaikan, silahkan tinggalkan komentar pada forum dibawah ini.

 

Salam manis,

EP Your Tour Leader

 

 

 

 

 

Iklan

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s