Jawa Tengah

Tempat Wisata Candi Gedong Songo Di Jawa Tengah


Jauh berapa hari sebelumya aku udah siapin daftar tempat-tempat wisata yg akan dikunjungi. Salah satunya itu Candi Gedong Songo.

candi

Untunglah tur 1 minggu kami di temani oleh paman Yogi, yang memang dia paham betul jalannya ke tempat-tempat wisata yg ada di my list things-to-see.

Sebelum kami memasuki kawasan Gedong Songo, kami sudah sepakat untuk tidak membawa mobil sampai ke atas. “takut mobilnya gak tarek, karena jalan kesana tanjakan dan belok-belok”, kata paman Yogi. Sehingga kami memutuskan untuk menyewa tiga ojek atau sepeda motor khusus membawa penumpang, untuk naik ke atas.

Pada saat itu ojek yg kami temukan cuma ada dua. Jadi kurang satu ojek lagi. Terpaksa gantian. Aku harus nunggu sampai mbak Dewi dan paman Yogi di turunkan di atas, kemudian si Tukang Ojek itu turun lagi jemput aku.

gedongsongo2

Setiba kami semua sudah tiba di atas, paman Yogi pamit sebentar karena harus melakukan sholat Jum’at. Aku dan mbak Dewi pun menunggu sampai jemaah sholat Jum’at selesai. Sambil menunggu aku dan mbak Dewi jalan-jalan kecil. Gak sengaja kami membaca tentang wisata berkuda pada papan informasi. Langsung kami mencari orang disekitar yg tahu informasi tentang ini. Sebelumnya, kami memang sudah pernah dengar tentang wisata berkuda ini, makanya kami semangat untuk ikut wisata berkuda ini.

Akhirnya, kami bertemu dengan si mas Tukang Kuda. Menurut si mas itu klalau biaya untuk wisata berkuda sebesar 80 ribu Rupiah, ini sudah sampai ke Gedung Songo, atau ke Candi yang ke Sembilan. Dimana Candi yg ke-Sembilan ini terletak tepat pada puncak yg paling atas, kata si mas Tukang Kuda itu.

Menurut riwayat, Candi yang berada di dikawasan gunung Ungaran ini, dinamakan Candi Gedong Songo. Karena kompleks tersebut ditemukan sembilan kelompok bangunan Candi. Berarti Rumah Songo. Songo artinya sembilan, sehingga Gedung Songo berarti sembilan rumah atau sembilan candi-candi.

Gedung Songo berada di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di desa Candi, kecamatan Ambarawa yg berjarak 9 Km dari kota Ambarawa dan 12 Km dari kota Ungaran. Kompleks Candi Gedong Songo kira-kira terletak pada ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut. Ideal sekali untuk para pecinta wisata alam. Selain hawanya yg sejuk dan pemandangan alamnya yg indah juga di lengkapi pula dengan pemandian air panas dan areal perkemahan wisata berkuda.

gedongsongo3

Menurut informasi brosur yang kami terima dari loket, Candi ini ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804. Candi Gedong Songo termasuk salah satu peninggalan budaya Hindu dari zaman wangsa Sanjaya pada abad IX (927 M).

Memang…… ke sembilan candi-candi itu bagus dan indah. Tapi, Subahanallah…, selama perjalannan berkuda sampai ke atas puncak terakhir pada Candi yg ke Sembilan, kami semua gemeteran…. .

Ingin rasanya turun dan kembali ke tempat dimana kami naik kuda tadi. Maksudnya, perjalanan gak usah di terusin. Serremmm…… jurang-jurang di samping kanan kiri terjal, hujan gerimis lagi, mana nunggang kuda di atas jalannya yang setapak. Waduhh… ampuun.. .

gedongsongo4

Kami semua lemah dan tak berdaya lagi. Sambil kudaku di tuntun si mas Tukang Kuda, kami hanya bisa berdoa dan tidak pula lepas dari bacaan Al’fatihah dan Ayat Kursi sepanjang perjalanan.

Memang sih, si mas Tukang Kuda itu sangat ramah dan meng-ademi situasi ketakutan kami. Tapi tetep, GAK AKAN balik lagi kesana. Cukup!!!! 1 kali aja ikut wisata berkuda nya, terutama sampai ke Candi yang terkahir, si Candi yang ke-Sembilan (Gedungn Songo) itu. GAK AKAN BALIK! Bagi kamu-kamu yg mau tes Adrenaline, selamat mencoba! ^_^

Jangan lupa, pemandangannya sangat indah, alamnya yang segar, kalau udah sampai diatas. Tapi, kalau membayangkan perjalanannya. Enggak ah. Enggak ikut berkuda lagi. TOBAT!!!!

Kalau mau lihat foto albumnya, silahkan klik Facebook 2016-Gedong Songo Bandungan Semarang, Ind.

Moga-moga cerita dan informasi diatas bermanfaat. Jika masih ada unek-unek yang ingin disampaikan, tinggalkan komentar pada forum dibawah ini.

 

Salam manis,

EP Your Tour Leader

Iklan

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s