TRADISI HIDUP DI BELANDA

Tradisi Sinterklas Di Bulan Desember – Belanda


Sinterklaas..Sinterklaas..Sinterklaas… dateng ke Utrecht. Anak-anak bersorak sorai menyambut kedatangan Sinterklas ke kota Utrecht. Inilah yang di tunggu-tunggu anak-anak. Entah kenapa, orang dewasa juga senang menyaksikan kedatangan Sinterklaas, yang sebenarnya hanya ikut menggembirakan atau ikut menyemarakkan suasan tradisi Sinterklas ini.

sinterklas1

Di bulan Desember, tradisi si Mr. Santa atau Sinterklaas dalam Bahasa Belanda. Sinterklaas yang di ketahui datang dari Spanyol, dan berkunjung dari negara satu ke negara lain, dengan boat. Nah, kali ini Sinterklaas datang ke negeri Belanda. Kebetulan pada saat itu, aku menyaksikan kedatangan Sinterklaas datang ke kota Utrecht. Sinterklaas  yang di dampingi oleh para kurcacinya Zwarte piet, begitu panggilan kurcaci-kurcaci ini. Perjalanan mereka cukup panjang, dari Spanyol ke negeri Belanda, kemudian lanjut lagi ke negara Eropa lain. Tour ini dilakukan oleh  Sinterklaas dan kurcacinya Zwarte piet setiap tahun, tepatnya di bulan Desember. Beginilah salah satu tradisi di Negeri ini.

sinterklas2

Apakah benar? Sinterklaas dan kurcacinya Zwartepiet dateng dari Spanyol ke negeri Belanda, dengan mengendarai boat? Cerita kiasan ini hanya ditujukan buat anak-anak. Anak-anak senang akan kedatangan Sinterklaas, karena mereka sering mendapatkan  kado dari Sinterklaas. Namanya juga anak-anak, mereka percaya kalau di bilang, si Sinterklaas datang dari Spanyol, naik boat, apalagi bawa kado buat mereka. Terharu sekali sewaktu aku menyaksikan kegirangan anak-anak itu.

sinterklas3

Zwarte Piet adalah asisten dari Sinterklaas. Kata Zwarte piet berasal dari Bahasa Belanda. Zwarte artinya hitam dan Piet artinya seorang laki-laki muda.

Sedangkan pepernoten, adalah sejenis kue kering, dengan rasa kayumanis, berwarna coklat, ini sering di jumpai pada bulan Desember. Kue Pepernoten ini adalah kuliner kue kering cirikhas Belanda.

sinterklas4

Pepernoten ini biasanya dibagi-bagikan olah Zwarte piet.. Pepernoten berasal dari Bahasa Belanda, yang artinya  kue kering bulat rasa kayu manis.

Sekian dulu cerita tentang si Sinterklas dan asistennya si Zwarte Piet ^_^, semoga cerita diatas informatif. Jika ada unek-unek yang ingin disampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah ini.

 

Salam manis,

EP Your Tour Leader

Iklan

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s