TRADISI HIDUP DI BELANDA

Tradisi Menjelang Hari Natal Di Belanda


Ellyprachtig.blog – Negara Belanda yang letaknya di benua Eropa bagian Barat. Negara ini memiliki penduduk lebih kurang 17 juta jiwa. Dan mayoritas penduduknya memeluk agama Kristen.

Layaknya setiap tahun menjelang hari Natal. Hari ini tanggal 19 November 2017, kebiasaan masyarakat di Belanda menyambut kedatangan Sinterklas, di kota Utrecht. Yang di percayai, bahwa Sinterklas dan prajurit-prajuritnya datang dari Spanyol ke Belanda, dengan transportasi perahu.

Momen ini sangat di tunggu-tunggu oleh semua umur. Sinterklas menyambut salam ramah kepada warga – mimik kegembiraan anak-anak yang tidak bisa mereka pendam.

Aku pun gak mau kalah sama anak-anak yang ngotot pingin bersalaman sama si Sinterklas. 😉

Kendaraan kuda Sinterklas dengan hiasan berwarna-warni di barengi alunan musik membuat suasana kedatangannya terasa spektakuler. Tak luput prajuritnya Zwarte Piet yang selalu setia mendampingi Sinterklas.

♥♥♥ Zwarte Piet.

Zwarte Piet berasal dari Bahasa Belanda, bermakna seorang lelaki muda berkulit hitam.

Kedatangan Sinterklaas di dampingi oleh para prajurit-prajuritnya, Zwarte piet, begitu warga Belanda menyebutnya.

Perjalanan Sinterklas dan Zwarte Piet sebenarnya sangat panjang. Mereka datang dari Spanyol sampai ke Belanda dengan transportasi perahu bermotor. Setelah kunjungannya berakhir, mereka pun harus balik lagi dari Belanda ke Spanyol dengan perahu motor yang sama.

sinterklas2

♥♥♥  Apakah benar Sinterklaas dan prajurit-prajuritnya Zwartepiet dateng dari Spanyol ke Belanda, dengan mengendarai perahu?

Dan berapa lama pula perjalanan yang harus mereka tempuh dari Belanda ke Spanyol dengan perahu bermotor ini?

Dongeng “lama” ini semata-mata ditujukan buat anak-anak saja. Yang orang tua selalu mendongengi mereka bahwa Sinterklas dan Zwarte Piet datang dari Spanyol ke Belanda, dengan kendaraan perahu bermotor.

Kegembiraan anak-anak senang bukan kepalang. Apalagi jika mereka berkesempatan bersalaman dengan Sinterklas langsung. Kadang kala Sinterklas memberikan kado buat mereka. Terharu sekali, sewaktu aku menyaksikan kegirangan anak-anak pada saat kedatangan Sinterklas dan Zwarte Piet.

Hingga saat ini, kebiasaan tahunan di jadikan satu tradisi di negeri ini.

 

♥♥♥ Pepernoten

Sedangkan pepernoten adalah sejenis kue kering berwarna coklat, dengan rasa kayumanis. Kue kering ini sering di jumpai pada bulan Desember, atau bulan menjelang hari Natal. Pepernoten ini adalah kuliner kue kering cirikhas Belanda.

Pepernoten biasanya dibagi-bagikan olah Zwarte piet. Kata Pepernoten berasal dari Bahasa Belanda, yang artinya  kue kering bulat rasa kayu manis.

 

♥♥♥  Orang tua memesan atau mengundang Sinterklas dan Zwarte Piet untuk datang ke rumahnya.

Tidak jarang, orang tua memesan atau mengundang seorang Sinterklas dan Zwarte Piet untuk datang ke rumahnya. Bertujuan untuk menyenagi anak-anaknya. Kado-kado yang sudah di persiapkan oleh orang tua dari anak-anak mereka, siap di serahkan ke Sinterklas dan Zwarte Piet. Yang kemudian kado-kado itu di berikan kapada anak-anak mereka.

Tentu saja, mengundang Sinterklas dan Zwarte Piet ke rumah harus ada bayarannya. Foto di bawah ini adalah fotoku bersama Sinterklas dan Zwarte Piet, sewaktu aku dapat undangan dari seorang teman, yang mereka mengundang Sinterklas dan Zwarte Piet datang ke rumahnya.

Beginilah sekelumit kisah tentang tradisi Sinterklas dan prajuritnya si Zwarte Piet.

Selain postingan ada di Blog, aku juga mempostingnya di group Tour Leader Club (TLC). Yuk, simak apa kata teman-temang ngenai dongen Sinterklas dan Zwarte Piet. 😉

Jika ingin melihat lebih tentang koleksi foto-fotonya, bisa cek di Facebook 2013-Sinterklaas Utrecht, the NL. Koleksi foto-foto ini aku ambil di tahun 2013, di kota Utrecht.

 

 

Elly Prachtig.

Ellyprachtig.blog

Sumber: Foto pribadi

 

Iklan

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s