Gelderland

Berwisata ke Istana Het Loo, Sejarah Dari Keluarga Dinasti van Oranje Di Apeldoorn


Siang itu, cuaca terik matahari mencapai 23 derajat selsius,langit biru, angin berhembus sepoi-sepoi… . Tepat jam 11 pagi aku meluncur kesebuah istana Het Loo, yang Bahasa Belandanya Het Loo Paleis. Istana yang penuh dengan sejarah dari Keluarga Kerajaan Belanda, Dinasti van Oranje. Istana terletak di sebuah kota Apeldoorn, propinsi Gelderland di Belanda.

hetlooFEATUREDDengan mengendarai mobil pribadi, jarak ini dapat di tempuh dari kota Utrecht (dimana aku tinggal) sekitar 1 jam ke kota Apeldoorn.

Pada hari itu, sinar matahari sangat cerah, membuat orang-orang ingin menikmati akhir pekannya diluar rumah. Dengan begini, terjadilah kemacetan lalu lintas dimana-mana. Yang seharusnya perjalananku memakan waktu satu jam, menjadi satu jam setengh tepat aku tiba di istana tersebut.

hetloo1

Setiba aku di pintu gerbang istana, semua pengunjung terkejut akan sambutan si burung merak. Dengan bangga si burung merak ini mengibarkan sayapnya yang berbulu indah itu, membuat para pengunjung tidak sabar ingin memotretnya. Begitu juga aku… .

Paleis Het Loo atau Istana Het Loo ini, adalah salah satu objek wisata yang terkenal di negeri Belanda. Selain turis lokal, turis asing yang datang dari berbagai bangsa juga datang mengunjungi tempat wisata ini. Untuk bisa masuk ke dalam museum, di kenakan biaya sebesar 14,00 euro. Informasi ini berdasarkan pengalaman tabun 2014. Jika ingin melihat tarif tiket masuk saat ini, coba cek di situsnya harga tiket masuk Paleis Het Loo. Di situs ini terdapat tiga Bahasa, yaitu Bahasa Inggris, German dan Bahasa Belanda. Silahkan pilih salah satu dari ketiga pilihan.

Trus, kalo kemari misalnya mau naik kendaraan umum, coba cek terlebih dulu jadwal angkutan umum di Belanda, biar perjalanan berjalan lancar, kan enak kalau sebelumnya semua sudah di prepare dengan rapi.

paleis7Sebaagai prosedur umum, sebelum pengunjung mulai memasuki 32 kamar-kamar yang ada didalamnya, para pengunjung di beri himbauan dan informasi oleh petugas keamanan. Salah satunya adalah, pengunjug di izinkan memotret ruang dan isi yang ada didalamnya dengan catatan tanpa menggunakan flash atau cahaya dari kamera. Selaini itu, kami dilarang keras menyentuh benda-benda yg ada didalamnya. Pada saat itu, aku tidak melihat adanya pemandu wisata setempat, yang tersedia hanya audiotur, sejenis alat dimana pengunjung dapat mendengarkan sejarahnya lewat alat tersebut.

Paleis Het Loo atau Istana Het Loo, yang dibangun pada abadke 17. Tujuan utama pembangunan kastil ini adalah, sebenarnya untuk di jadikan tempat peristirahan, apabila keluarga kerajaan sedang mengadakan berburu.

Entah kenapa, sejak saat itu, kastil ini di jadikan sebagai tempat kediaman oleh keluarga Dinasti van Oranje. Ratu Wilhelmina juga berdiam di istana ini terutama di musim panas. Putri Margriet dan Pieter van Vollendhoven juga sempat tinggal di istana ini. Tapi mereka meninggalkan istana pada tahun 1967 setelah pernikahan mereka.

paleis6Sekarang, Paleis Het Loo atau Istana Het Loo ini telah diambil alih oleh negara dan dijadikan sebagai museum. Jadilah tempat ini salah satu objek wisata di negeri Belanda.

Di gerbong ini, aku masuk dan memotret koleksi-koleksi antik. Koleksi tersebut seperti medali atau lencana, mobil-mobil antik dsb.

Kalau mau lihat koleksi fotonya, bisa cek di Facebook 2014-Paleis Het Loo, the NL. Dan masih ada unek-unek yang ingin disampaikan? Boleh tinggalkan komentar pada kolom dibawah ini. 


Salam manis,

EP Your Tour Leader

 

Iklan

Leave a Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s